Kasi Pendis Kemenag Benteng: Pendidikan adalah Tanggung Jawab Bersama

Kasi Pendis Kemenag Benteng: Pendidikan adalah Tanggung Jawab Bersama

Bengkulu (Inmas)-  Pendidikan bermutu bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Mulai dari Guru, Masyarakat pun juga memiliki peran besar dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

 

    "Pendidikan memang tanggungjawab negara secara konstitusional. Tapi secara moral adalah tanggung jawab kita," ujar H. Airin selaku Kasi Pendidikan Islam Kemenag Benteng pada saat mendampingi Kasubbag TU pada season tanya jawab kegiatan Pendampingan dan Implementasi K13 di Aula Maroba pada Jumat 28 Juli yang lalu.

    Terkait dengan materi pendalaman Implematsi K13 menurutnya, guru dituntut mampu mengembangkan kreatifitasnya dalam menciptakan pembelajaran yang menarik, sehingga menjadikan siswa selalu merindu, merasa penasaran seperti halnya menonton sinetron serial. Ungkap H. Airin.

    Nah, Kurikulum 2013 ini justeru mengharuskan guru untuk lebih kreatif dan inovatif, bagaimana membuat peserta didik bisa lebih aktif, baik untuk bertanya, berpendapat, dan sebagainya. Bertanya merupakan sebuah proses berpikir, di mana untuk membuat sebuah pertanyaan adalah sangat sulit.

    Dan Untuk bisa menciptakan suasana pembelajaran menyenangkan, guru harus menguasai 4 hal, pertama, metodologi pembelajaran, yang berupa prinsip-prinsip umum dalam mengajar dan belajar, kemudian substansi keilmuan. Sebab Ilmu pengetahuan selalu berubah mengikuti perkembangan zaman, Ketiga, IT (teknologi informasi). Teknologi informasi dewasa ini merupakan kebutuhan vital manusia untuk berinteraksi dengan sesamanya, dan yang terakhir selalu berusaha meningkatkan kemampuan guru dalam menjelaskan kepada peserta didik dengan baik dan memahamkan, terutama dalam aspek kebahasaan. Sebab banyak orang pintar tapi tidak mampu menyampaikan ilmunya dengan baik, sehingga siswa pun tidak memahami dengan baik apa yang disampaikan. Dalam bahasa lain, guru harus pintar untuk dirinya sendiri dan mampu membuat pintar orang lain, "tambah Airin. (Bobi)

Redaktur: H.Rolly Gunawan

 

Bagikan :