Halal Bihalal Kemenag Kaur Diisi Ceramah Agama

Halal Bihalal Kemenag Kaur Diisi Ceramah Agama

Bengkulu (Inmas) 6/7- Halal bihalal yang di laksanakan oleh keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kaur di Pantai Laguna Selasa (05/7), di isi ceramah agama oleh Ust. Syarif Hidayatullah.

 

    Dalam sambutannya, Kepala Kemenag Kaur H. Sipuan, SAg, MM mengatakan Halal bihalal menjadi momen yang tepat untuk saling bersilaturahmi dan saling memaafkan, karena tidak bisa di pungkiri bahwa manusia dalam berinteraksi dengan sesama terkadang mengalami gesekan dan benturan, baik yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja. Maka halal bihalal menjadi waktu  yang tepat untuk saling bermaaf-maafan.

    Sementara itu Ust. Syarif dalam ceramah nya menyampaikan halal bihalal merupakan hakikat Idul Fitri, sehingga semakin banyak dan seringnya mengulurkan tangan dan melapangkan dada, maka itulah penghayatan dan pengamalan terhadap hakikat halal bihalal . Bentuknya memang khas Indonesia, namun hakikatnya adalah ajaran Islam.

    Lebih lanjut Ust. Syarif  menambahkan bahwa halal bi halal sangat erat kaitannya dengan puasa dan hari raya ‘Idul Fitri, sedang tujuan Alloh mewajibkan puasa adalah “la’alakum tattaquun = agar kamu sekalian bertaqwa” (QS. Al – Baqarah: 187), maka setelah halal bi halal hendaklah kita menjadi orang yang benar – benar bertaqwa.

    Atau dengan kata lain keimanan dan ketaqwaan kita bertambah. Artinya kebiasaan – kebiasaan baik selama kita berpuasa bulan Romadlon, harus dapat di lestarikan selama 11 bulan mendatang. Di samping itu harus diminimalisir perbuatan – perbuatan salah dan dosa di masa – masa yang akan datang.  (Pujiono)

Redaktur: H.Rolly Gunawan

Bagikan :