Upaya Memberantas Buta Al-Quran Kecamatan Seberang Musi

Upaya Memberantas Buta Al-Quran Kecamatan Seberang Musi

Bengkulu (Informasi dan Humas) 17/3 - KUA persiapan Kecamatan Seberang Musi Kabupaten Kepahiang memiliki program memberantas masyarakat buta aksara Al-Quran. Upaya ini sudah mulai dilaksanakan Jumat pagi, kegiatan ini Kepala KUA masih mengadakan pendidikan belajar baca Al-Quran ini di Mesjid Darus Salam Desa Kandang. Selanjutnya Kepala KUA akan mengadakan kegiatan ini di desa-desa yang ada di Kecamatan Seberang Musi Kabupaten Kepahiang.

Di Kecamatan ini terdapat 13 Desa yang akan digarap buta aksara Al-Qurannya. Pada kegiatan minggu kedua ini, sudah terlihat peningkatan animo masyarakat untuk mau belajar membaca Al-Quran. Kepala KUA berharap animo masyarakat di desa-desa lain juga tinggi untuk mau belajar baca Al-Quran ini. Dari dua kali kegiatan yang sudah dilaksanakan, peminat belajar baca Quran ini masih diminati oleh perempuan. Belum ada laki-laki yang ikut dalam pembelajaran ini.

Dalam kesempatan belajar aksara Al-Quran, Kepala KUA Muhammad Ridwan M.Ag juga membuka tanya jawab tentang ajaran Agama Islam. Sehingga, masyarakat selain belajar baca Quran juga senang dengan tanya jawab sekitar persoalan agama. Bagi masayarakat yang tidak bisa hadir pada pagi Jumat, Kepala KUA juga membuka diri kepada masyarakat untuk datang ke Kantor KUA pada setiap hari kerja. Ini saya lakukan, selain motivasi untuk mencerdaskan masyarakat dalam hal agama, juga sebagai mengisi kegiatan kantor yang juga sepi dari peristiwa Nrnya ungkap Ridwan.

Ridwan juga membuka diri untuk mengajarkan solat kepada masyarakat. Karena menurutnya banyak masyarakat baik laki-laki atau perempuan yang punya kemauan untuk mendirikan solat. Tetapi karena tidak tahu bacaan solat dan cara solat mereka memilih untuk tidak solat. Karena itu ia beupaya untuk mentransfer ilmu solat ini kepada masyarakat. (Fikri)

Redaktur : H. Rolly G

Bagikan :