Nikah Di Kantor KUA SAM Kurang Diminati Masyarakat

Nikah Di Kantor KUA SAM Kurang Diminati Masyarakat

Bengkulu (Informasi dan Humas), Walaupun telah terbitnya PP 48 tahun 2014 tentang perubahan atas peraturan Pemerintah Nomor 47 tahun 2004 tentang tarif atas jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Kementerian Agama yang mana salah satu petikannya mengatur tentang penggratisan biaya Nikah dan Rujuk di Kantor Urusan Agama pada hari dan jam kerja, tidak menyurutkan langkah catin untuk menikah diluar kantor atau nikah di rumah mempelai perempuan/laki-laki. Hal ini di sampaikan Kepala KUA Semidang Alas Maras Marlius Putra, M.Hi Kamis (23/2).

Berdasarkan rekapitulasi peristiwa nikah bulan Januari dan Februari 2017, KUA Semidang Alas Maras mencatat 26 Peristiwa nikah. Dari 26 peristiwa nikah kurun Januari sampai Februari ini hanya 4 pasangan catin saja yang menikah di balai nikah atau kantor KUA Semidang Alas Maras selebihnya menikah diluar kantor.

Laporan peristiwa nikah ini rutin disampaikan setiap awal bulan ke Kemenag Kabupaten Seluma dalam format laporan bulanan dan ditembuskan ke Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu.

Marlius mengatakan, KUA Kecamatan Semidang Alas Maras tidak dapat memaksakan seluruh catin harus menikah di balai nikah atau di kantor KUA, akan tetapi pihak KUA tetap memberikan pelayanan pencatatan nikah dan rujuk di kediaman catin yang bersangkutan sesuai dengan permintaan keluarga catin. (MR)

Redaktur : H. Rolly Gunawan

Bagikan :