Siswa Baru MIS GUPPI No.13 Tasik Malaya Terus Berkreasi

Siswa Baru MIS GUPPI No.13 Tasik Malaya Terus Berkreasi

Mukomuko (Informasi dan Humas) 9/2- Kelas satu Mis Guppi no. 13 Tasik malaya membuat keterampilan dalam mata pelajaran IPS, senin, 6 Februari 2017.

    Kegiatan pebuatan keterampilan mata pelajaran IPS dilaksanakan  pada hari senin di kelas satu , dimbing oleh wali kelas satu ibu Desi Weliyana,S.Pd.I dan  di ikuti oleh seluruh murid kelas satu yang berjumlah 22 orang.  Kegiatan ini dilakukan untuk merefresh semangat belajar siswa dalam mata pelajaran IPS, kalau biasanya pelajaran IPS hanya melihat gambar, denah dan belajar diluar ruangan untuk melihat keadaan sekitar sambil belajar, kali ini  wali kelas satu  lebih mengaktifkan siswa belajar dengan membuat keterampilan rumah dari kardus bekas.

    Keterampilan ini dibuat dalam mata pelajaran IPS  , tentang Letak Rumah dan Rumah Sehat, dengan kompetensi Dasar siswa mengetahui  bagian rumah dan gunanya. Dengan membuat rumah dari kardus ini siswa lebih mengetahui bagian – bagian ruangan didalam rumah dan kegunaanya, dari keterampilan ini juga siswa bisa membandingkan besar kecilnya ruangan  yang digunakan sehari – hari.

    Cara pembuatan rumah dari kardus ini diantaranya, siswa bersama wali kelas mempersiapkan kardus, lem kayu, gunting, atau karter, dan pewarna setelah semua disiapkan,  wali kelas menggunting pola yang sebelumnya sudah di gambar  oleh wali kelas, setelah semua digunting sesuai dengan bentuknya, siswa di minta merangkai rumah sesuai yang di inginkan siswa  dengan arahan guru.

    Siswa  berkreasi  sendiri sesuai dengan keinginanya dengan pola yang disediakan, merangkai dan mengelem kardus sehingga menjadi bentuk rumah lengkap dengan ruangan – ruangan di dalamnya, setelh semua ruangan di rangkai barulah atap rumah di tutupkan, sehingga labih terlihat bentuk rumah yang sebenarnnya. Yang terahir  yaitu memperindah rumah hunian dengan mengecat rumah, sesuai dengan keinginan siswa dan boleh juga di beri pagar  agar rumah lebih bagus dan indah.

    Dalam pembuatan keterampilan ini selain untuk mengajak siswa lebih aktif, setelah di buat  rumah kardus juga bisa digunakan untuk media pembelajaran lain dan juga hiasan kelas. (Desi Weliyana)

Penulis :Rolly Gunawan

Bagikan :