Kemenag Benteng Adakan Pembinaan SIMPENAIS

Kemenag Benteng Adakan Pembinaan SIMPENAIS

Bengkulu (Informasi dan Humas) 7/2- Dalam rangka memudahkan dalam melakukan pendataan sistem penerangan agama Islam yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah yang berhubungan dengan data keagamaan, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Tengah menyelenggarakan kegiatan pembinaan Sistem Informasi Manajemen Penerangan Agama Islam (SIMPENAIS) yang diselenggarakan di Aula Maroba Ujung Karang Kabupaten Bengkulu Tengah (07/02) yang diikuti oleh seluruh Kepala KUA dan Penyuluh se Kab. Benteng.

    SIMPENAIS merupakan merupakan awal tonggak penyuluh untuk entri data dalam aplikasi ini, data penyuluh masuk dalam aplikasi ini, jelas Kasi Bimas Islam Kemenag Benteng Sumaryatim,S.HI.

    Penyuluh sangat berperan dalam melakukan pendataan yang dimasukkan ke dalam aplikasi seperti potensi bimbingan penyuluhan, data pribadi masing-masing penyuluh, potensi lembaga kemitraan umat, potensi pengembangan Qur’an dan Hadist dan potensi pengembangan seni budaya islam, imbuh Sumaryatim.

    Hal senada disampaikan Kepala Kemenag Klaten Drs.H.Ajamalus,MH aplikasi SIMPENAIS merupakan salah satu wujud dari Misi Kementerian Agama RI yang ke 5 mewujudkan tata kelola kepemerintahan yang bersih dan berwibawa, Kementerian Agama dituntut untuk meningkatkan kualitas kerjanya, salah satunya data Penyuluh yang akurat harus ditingkatkan, tegas Ajamalus pada saat membuka acara secara resmi.

    Pemanfaatan teknologi diharapkan dapat tersaji data yang cepat dan akurat, informasi terbaru dapat diakses dengan lengkap. Penyuluh dituntut untuk menguasai komputer, semua harus terdaftar di aplikasi, saling membantu antara PAH dan penyuluh fungsional, termasuk seluruh Kepala KUA diharapkan masing-masing kecamatan dibentuk koordinator, imbuhnya.

    Ajamalus menambahkan, untuk mewujudkan misi meningkatkan kualitas kehidupan keagamaan masyarakat Indonesia yang baik,  diperlukan figur, sosok, aktor yang senantiasa menjalankan tugasnya sebagai penerang di bidang agama. Disinilah letak strategis penyuluh. Mereka hidup di tengah masyarakat untuk  menjalankan fungsi dan tugasnya membrikan penerangan  di bidang agama. 

    Lebih lanjut acara pembinaan ini di isi oleh beberapa Narasumber yang berkompeten dibidangnya yang dihadirkan dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu.(Bobi)

Redaktur : H.Rolly Gunawan

Bagikan :