MAN 1 Mukomuko Adakan Sosialisasi UN Bagi Wali Murid

MAN 1 Mukomuko Adakan Sosialisasi UN Bagi Wali Murid

Bengkulu (Informasi dan Humas) 6/2- Ujian Nasional sudah di ambang pintu. Berbagai sekolah atau madrasah kini melakukan berbagai upaya untuk menyiapkan peserta didiknya menghadapi ujian nasional yang akan dilaksanakan  bulan April 2017.

    Menyikapi hal itu, Kepala MAN 1 Mukomuko  Ibu Nursyamsiah, M. Pd melakukan berbagai upaya dintaranya adalah menambah jam belajar sore atau les kelas XII. Selain itu, Ibu Nursyamsiah juga mensosialisasikan UN kepada orang tua/wali siswa Sabtu, 04/02/2017.

    Dalam sosialisasi tersebut Ibu Nursyamsiah menyampaikan bahwa ujian tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena tahun ini selain Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dan Ujian Nasional (UN). Kelas XII juga akan mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

    USBN atau Ujian Sekolah Berstandar Nasional akan dilaksanakan 20 s.d 23 Maret 2017. Setelah itu akan dilanjutkan ujian UAMBN selama tiga hari yaitu pada tanggal 24, 25 dan 27 Maret 2017. Adapun pelaksanaan ujian nasional akan dilaksanakan tanggal 10 s.d 14 April 2017.

    Mata pelaran yang diujiankan baik UAMBN, USBN, maupun UN, semuanya menggunakan kurikulum 2013. Di Kabupaten Mukomuko hanya MAN 1 Mukomuko dan MAN 2 yang telah menggunakan kurikulum 2013 untuk ujian tahun ini.

    "Penentuan kelulusan tahun ini, masih sama pada tahun sebelumnya yaitu ditentukan oleh sekolah/madrasah. Meskipun demikian berbagai aspek akan dipertimbangkan dalam menentukan kelulusan, salah satu diantaranya adalah nilai sikap.  Peserta didik harus memperoleh nilai sikap minimal "Baik". Jika kurang dari itu, maka besar kemungkinan tidak lulus, meskipun nilai UN, UAMBN dan USBN nilainya tinggi." Kata Ibu Nurysamsiah.

    Nilai Ujian Nasional bukanlah penentu lulus atau tidaknya peserta didik tahun ini tetapi, nilai itu sangat berpengaruh sewaktu pendaftaran diperguruan tinggi. Karena perguruan tinggi memprioritaskan siswa yang memperoleh nilai UN yang tinggi untuk diterima menjadi mahasiswa.

        Mengakhiri sambutannya, Ibu Nursyamsiah mengajak seluruh orang tua/wali murid untuk ikut berpartisipasi dalam menyukseskan ujian nasional tahun ini melalui pengawasan yang intensif oleh orang tua terhadap anak-anaknya.    

        Pada kesempatan yang sama, ketua komite MAN 1 Mukomuko, Bapak Sulaiman, M. Pd juga menyampaikan, bahwa keberhasilan pelaksanaan ujian nasional membutuhkan kerja sama berbagai pihak termasuk Bapak/Ibu wali siswa. Karena, waktu yang peserta didik MAN 1 Mukomuko lebih banyak berada di rumah. Oleh karena itu, pengawasan terhadap kegiatan belajar anak-anak di rumah merupakan tanggung jawab orang tua/wali siswa.

        Selain itu, Bapak Sulaiman juga menyampaikan bahwa persiapan menghadapi ujian harus dilakukan sebaik mungkin. Persiapan yang dilakukan tidak hanya pemahaman teori tetapi persiapan mental dan kesehatan pisik juga sangat penting. Oleh karena itu, semuanya harus dipersiapkan dengan baik untuk memperoleh nilai terbaik.

        Dalam rapat yang berdurasi+3 Jam, seluruh orang tua/wali siswa yang hadir memberikan dukungan moril maupun materil untuk menyukseskan seluruh kegiatan yang dilakukan MAN 1 Mukomuko untuk menyiapkan peserta didik dalam menghadapi ujian nasional yang akan dilaksanakan bulan April mendatang. (Jufri)

Redaktur : H.Rolly Gunawan

Bagikan :