Kasi Bimas Islam Kemenag Benteng Ikuti Orientasi Layanan KUA

Kasi Bimas Islam Kemenag Benteng Ikuti Orientasi Layanan KUA

Bengkulu (Informasi dan Humas) 1/2- Kantor Urusan Agama adalah ujung tombak Kementerian Agama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, oleh karena itu peningkatan SDM pegawai sangat berpengaruh terhadap peningkatan pelayan kepada masyarakat.Tentu saja dalam hal ini pegawai dituntut untuk terus belajar baik belajar langsung melalui buku-buku ataupun bisa melalui media online.

    Selain itu perangkat KUA, mulai dari Kepala, PPAI, Penghulu, Penyuluh agama baik yang fungsional maupun Non PNS hendaknya bisa membangun komonikasi lintas sektoral dengan pemerintah setempat dan pimpinan ormas islam agar program kemenag bisa diketahui masyarakat umum.

    Oleh karena itu dalam rangka meningkatkan pelayanan KUA kepada masyarakat, Kasi Bimas Islam Kemenag Benteng Sumaryatim,S.HI bersama beberapa orang Staf Bimas mengikuti acara Bimbinga Tekhnis Standarisasi Layanan Kantor Urusan Agama di hotel Nala Pantai Panjang Kota Bengkulu, kegiatan yang diselenggrakan oleh Bidang Urusan Agama dan Pembinaan Syariah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu ini diikuti oleh seluruh Kasi Bimas Islam Kemenag Kabupaten Kota Se-Provinsi Bengkulu.

    Dijelaskan oleh Kepala Bidang Urais dan Binsyar H. Hermanyatim, bahwa KUA memiliki tugas yang cukup berat dan sekaligus mempunyai peran yang signifikan dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat. Sesuai komitmen bersama bahwa kita sebagai Pegawai Kementerian Agama harus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, mengingat KUA  Sebagai ujung tombak pelayanan di tingkat kecamatan dipandang masyarakat sebagai cermin kualitas pelayanan Kementerian Agama, sehingga wajar jika KUA dituntut untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

    Salah satu ruh dalam pelaksanaan tugas KUA adalah tata laksana administrasi dan pembukuan,  KUA harus mempunyai profil yang memuat visi misi, data personalia, data pernikahan, standar pelayanan KUA, letak geografis dan lain sebagainya. Profil KUA menjadi potret tentang keberadaan institusi KUA dan sangat penting karena menjadi standar dan barometer pelayanan yang prima kepada masyarakat.

    “Tingkatkan etos kerja dengan kerja keras, kerja cerdas dan terakhir kerja ikhlas sebagai manifestasi ukhrowi. Bekerja disiplin harus di dasarkan kewajiban bukan karena tunjangan atau yang lain, absensi harus di laksanakan sesuai aturan, segera lakukan pembenahan dan peningkatan kualitas layanan KUA mengingat layanan KUA adalah ujung tombak Kementerian Agama yang bersentuhan langsung dengan masyarakat” imbuhnya.

    Menindaklanjuti hal tersebut Kasi Bimas Islam Kemenag Benteng Sumaryatim,S.HI dalam waktu dekat ini kita segera akan mengadakan rapat Koordinasi kepada seluruh KUA Kecamatan se-Kabupaten Bengkulu Tengah.Ujar Sumaryatim.(Bobi)

Redaktur : H.Rolly Gunawan

Bagikan :