MIM 10 Karang Anyar RL Adakan Kultum Sebelum Shalat Dhuha

MIM 10 Karang Anyar RL Adakan Kultum Sebelum Shalat Dhuha

Bengkulu (Informasi dan Humas, Pada hari Selasa, 24 Januari 2017 pukul 07.15 WIB sampai dengan pukul 08.00 WIB, MIM 10 Karang Anyar Mengadakan Kultum sebelum pelaksanaan Shalat Dhuha.

Adapuan judul Kultum adalah “Rahasia Hidup Sukses Menurut Al-Qur’an “ yang bersumber dari Al-Bayan oleh Amina Erni. Tujuan dari acara Kultum ini adalah untuk memperbanyak pengetahuan agama Islam kapada siswa MIM 10 Karang Anyar Rejang Lebong tentang Rahasia Hidup Sukses Menurut Al-Qur’an. Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan MIM 10 Karang Anyar Rejang Lebong.

Dalam acara Kultum tersebut disampaikan oleh Rudi Hartono, S.Pd.I, intinya menurut Rudi Hartono dalam acara Kultum, pertama rahasia hidup sukses menurut Al-Qur’an adalah selalu berusaha untuk menegakkan shalat dengan penuh kekhusyukan dengan cara menjadikan shalat sebagai kebutuhan utama di samping kewajiban. Shalat dijadikan sebagai media utama untuk meraih pertolongan dan ridho Allah SWT. Hal ini diungkapkan dalam Al-Quran surah Al-Mukminun ayat 1-11 yang memuatkan tentang kesuksesan yang telah diraih oleh Rasulullah.                                                                    

Kedua menurut Rudi adalah mampu menghindari dari ucapan dan tindakan  yang tidak ada manfaatnya. Artinya berusaha memiliki etos kerja atau cara kerja yang produktivitas yang tinggi serta mempersembahkan yang terbaik dalam bidang keahliannya sehingga betul-betul menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungannya.                                                         

Ketiga Rahasia hidup sukses menurut Al-qur’an adalah mengeluarkan sebagian harta untuk kaum dhuafa dalam bentuk zakat dan bentuk-bentuk kedermawanan lainnya. Selanjutnya keempat, mampu menjaga akhlaq dan kehormatan dalam pergaulan sehingga selalau terjaga kejernihan hati dan juga raga jasmaninya. Dalam situasi apapun tidak perna melakukan kegiatan hura-hura yang penuh dengan kebebasan dan permisif.

Itulah paparan kultum yang disampaikan oleh Rudi Hartono,S.Pd.I. Dengan kultum ini diharapkan dapat memberikan pelajaran yang baik bagi siswa terhadap materi Rahasia Hidup Sukses Menurut Al-Qur’an dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. (Jumadi)

Redaktur : H. Rolly Gunawan

Bagikan :