Ka.KUA Selupu Rejang Ajari Mahasiswa STAIN Curup Menulis Berita

Ka.KUA Selupu Rejang Ajari Mahasiswa STAIN Curup Menulis Berita

Bengkulu (Informasi dan Humas) 14/11- Dalam kegiatan magang kepenghuluan Mahasiswa STAIN Curup di kantor KUA Selupu Rejang yang dilaksanakan selama 2 bulan mulai tanggal 10 Oktober sampai 10 Desember 2016. Banyak upaya dan langkah yang telah dilakukan oleh KUA Selupu Rejang untuk membekali Mahasiswa dengan berbagai materi yang nantinya dapat bermanfaat bagi Mahasiswa tersebut.

Adapun materi yang telah diberikan oleh KUA Selupu Rejang adalah kompetensi dasar ( baca Al-Qur'an, shalat dan do'a ) yang dibimbing oleh Bapak Bakhtiar S .sos, sistem informasi manajemen nikah ( SIMKAH ) dan pengurusan model NA ( N1-N7 ) oleh Bapak Reno Juliando, S.Th.I, MHI, Khutbah Nikah, rohaniawan, pengukuran arah kiblat oleh Kepala KUA Selupu Rejang Mintarno, SHI, MHl dan materi kultum oleh Ibu Febrianti Ashna Rita, SAg, MHI.

Seperti pada hari rabu 9 November 2016 tepatnya diruang balai nikah, kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa Magang di KUA Selupu Rejang adalah belajar cara menulis berita.

Mengenai materi cara menulis berita ini dibimbing langsung oleh kepala KUA Selupu Rejang Mintarno SHI, MHI. dihadapan para Mahasiswa yaitu Hermawan (ketua), Faizal Munandar (wakil), Anindia Paradita (sekretaris), Eliza Hariani (bendahara), dan Rudi Purnomo (anggota).

Mintarno, SHI, MHI. menyampaikan kepada Mahasiswa bahwa didalam cara menulis berita judul Berita harus dibuat sesimple mungkin dan semenarik mungkin sehingga pembaca tertarik untuk membaca berita yang ditulis.

Mintarno SHI, MHI. juga menjelaskan dalam penulisan berita yang baik terdapat unsur yang mesti dimuat yaitu 5W 1H What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (mengapa) dan How (bagaimana).

"Bekal materi menulis berita ini apabila sudah bisa dipahami dan dikuasi oleh Mahasiswa maka untuk 3 Minggu ke depan Mahasiswa masih akan dibekali dengan materi mengenai Simulasi akad nikah, cara mengukur arah Kiblat, dan pengukuhan penyumpahan". Tegas Mintarno.

Mintarno, SHI, MHI. selaku Kepala KUA Selupu Rejang sangat mengharapkan semoga pengetahuan atau bekal materi yang diberikan selama Magang di KUA Selupu Rejang nantinya dapat berguna dan bermanfaat bagi Mahasiswa STAIN Curup.

Penulis : Hermawan PPL **
Redaktur: H.Nopian Gustari   

Bagikan :