Belajar Fisika, 32 Siswa/i MAN 2 Lebong Kunjungi PLTA

Belajar Fisika, 32 Siswa/i MAN 2 Lebong Kunjungi PLTA

Bengkulu (Informasi dan Humas) 22/9- Sebanyak 32 orang peserta didik MAN 2 Lebong yang terdiri dari kelas X dan XII mengadakan kunjungan ke PLTA Tes sebagai salah satu program pembelajaran pada mata pelajaran Fisika yang dipandu langsung oleh Guru Pembina Ibu Asmi Astuti,S.Pd beserta beberapa orang guru pendamping tepatnya kemarin, Rabu (21/09/2016).

Rombongan disambut dan diterima langsung di Ruang Kendali PLTA Tes oleh Bapak Alfian dan Bapak Sapran Irawan selaku Teknisi dan Supervisor Pemeliharaan.

Dalam sambutannya, beliau memberikan penjelasan tentang beberapa hal, “ diantaranya sejarah berdirinya PLTA Tes, beberapa keunggulan dari pembangkit listrik tenaga air (PLTA) diantaranya: adanya respon pembangkit listrik yang cepat dalam menyesuaikan kebutuhan beban, kapasitas daya keluaran PLTA relatif besar dibandingkan dengan pembangkit energi terbarukan lainnya, PLTA umumnya memiliki umur yang panjang, yaitu 50-100 tahun, bendungan yang digunakan biasanya dapat sekaligus digunakan untuk kegiatan lain, seperti irigasi atau sebagai cadangan air dan pariwisata, bebas emisi karbon yang tentu saja merupakan kontribusi berharga bagi lingkungan dan beliaupun menjelaskan tentang proses bagaimana listrik dapat dihasilkan“, tandas Alfian.

Guru Pembimbing mata pelajaran fisika pada kesempatan ini juga ikut menyampaikan bahwa “ untuk memahami lebih jauh lagi edukasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan PLTA, para peserta didik secara berkelompok juga melakukan pembelajaran langsung di ruang mesin yang dipandu oleh para mekanik.

Terlihat bahwa para peserta didik sangat antusias mengajukan sejumlah pertanyaan mulai dari bagaimana cara kerja Trafo, gambaran secara umum bagaimana cara kerja PLTA, bagaimana cara menghitung jumlah energi yang dikonversikan ke listrik, sampai dengan pertanyaan khusus bagaimana bisa menjadi bagian dari karyawan PLTA Tes “, ujar Asmi.

Pada akhir kunjungan, Supervisor Pemeliharaan PLTA Tes berpesan kepada para peserta didik untuk dapat menjaga keseimbangan alam dengan cara bersama-sama menjaga suplai air yang menjadi bahan utama pembangkit listrik. Hal ini penting agar PLTA Tes dapat terus beroperasi dan dapat mensuplai listrik bagi Kabupaten Lebong khususnya dan bagi Negara kita Indonesia pada umumnya “, demikian ungkap Alfian.

Penulis : Widia Ningsih, S.Pd.I **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :