Ka.Kankemenag Benteng Ikuti Rukyatul Hilal 1 Dzulhijjah 1437 H

Ka.Kankemenag Benteng Ikuti Rukyatul Hilal 1 Dzulhijjah 1437 H

Bengkulu (Informasi dan Humas) 7/9- Pada Hari Kamis tanggal 01 September 2016 bertempat di puncak tugu kawasan wisata Tapak Badri Pantai Panjang Bengkulu mengikuti Rukyatul Hilal untuk menegetahui posisi bulan tanggal 1 Dzulhijjah 1437 H sebagai patokan/pedoman untuk merayakan/melaksanakan hari raya ibdul adha tanggal 10 Dzulhijjah 1437 H/2016 M bagi umat Islam.

Kehadiran Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten  Bengkulu Tengah H. Ajamalus, MH ini didampingi oleh Kepala Subbag Tata Usaha H. Airin, S.Ag, sekaligus Plt. Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Kasi Bimas Islam) Rolly Gunawan, M.HI yang sekarang sedang menunaikan ibadah haji ditanah suci Makkah.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Tengah  Drs. H. Ajamalus, MH menjelaskan bahwa tujuan Rukyatul Hila ini adalah untuk mengetahui posisi hilal pada saat mata hari tenggelam, sehingga akan diketahui kapan jatuhnya tanggal 1 Dzulhijjah 1437 H. Penentuan ini sangat penting karena merupakan hajat bagi umat islam dalam merayakan hari raya Idul Adha/hari raya qurban tanggal 10 Zdulhijjah nanti, yang merupakan hari besarbagi umat Islam.

Kegiatan Rukyatul Hilal ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya, karena rukyatul hilal ini merupakan program nasional setiap tahunnya dalam menentukan tanggal 1 Dzulhijjah 1437 H. Dijelaskan juga oleh H. Ajamalus, ada dua metode dalam menentukan tanggal 1 Dzulhijjah 1437 H ini, yaitu metode hisab perhitungan perjalanan bulan, dan metode Rukyat, yaitu dengan cara melihat posisi hilal berada disaat mata hari tenggal pada akhir bulan Dzulkaidah ungkap Kepala Kemenag Benteng.

Mudah-mudahan dengan kegiatan Rukyatul Hilal ini akan memberikan  kepastian hukum bagi umat Islam melalui Kementerian Agama RI dalam menentukan hari Besar Islam, khususnya dalam penentuan tanggal 10 Dzulhijjah 1437 H ini, sehingga akan terhindar perbedaan pendapat dikalangan umat Islam yang mengarah kepada perpecahan yang tentunya dapat merugikan umat Islam itu sendiri tutupnya.

Penulis : Bobi **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :
Lihat Lainya dalam Kategori : Urusan Agama Islam dan Syariah
Alamat Kantor
  • Kementerian Agama
  • Kantor Wilayah Bengkulu
  • Jl. Jenderal Basuki Rahmat No. 10 Bengkulu 38221
  • Telp. (0736) 21097 21597 344602 28123
  • Fax. (0736) 21597
  • http://bengkulu.kemenag.go.id
  • Email: kanwilbengkulu@kemenag.go.id
Facebook Pages
Twitter