MTsN Kota Donok Lebong Gelar UAMBN

MTsN Kota Donok Lebong Gelar UAMBN

Bengkulu (Informasi dan Humas) 14/4- Untuk mengukur ketercapaian kompetensi peserta didik sesuai dengan standar kompetensi lulusan, perlu dilakukan penilaian hasil belajar peserta didik pada akhir satuan pendidikan. Penilaian hasil belajar tersebut dilakukan melalui Ujian Nasional dan Ujian Madrasah. Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di MTs Tahun Pelajaran 2015/2016 diatur melalui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam. 

Pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) tahun 2016, pada hari Senin kemarin diberlangsungkan di MTsN Kota Donok. Para siswa MTsN Kota Donok  yang mengikuti UAMBN pada hari senin kemarin memulai ujian perdana mereka dengan  bidang studi Alqur,an Hadist dan  bidang studi Akidah Akhlak.

Adapun waktu pengerjaan soal pada UAMBN tahun ini  selama 90 menit pada tiap bidang studi yang diujikan kecuali bidang Studi Bahasa Arab selama 120 menit. Waktu yang telah ditetapkan tersebut ditentukan dengan merujuk  prosedur dan aturan yang telah ditetapkan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu.

Pada pelaksanaan UAMBN tahun ini soal langsung diambil oleh pihak sekolah ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong  yang mana soal tersebut sudah disegel oleh Kantor Kementerian Agama. Sejauh ini pelaksanaan UAMBN di MTsN Kota Donok berjalan dengan lancar dan tertib. Ibu Anita,S.Pd.I., selaku ketua panitia UAMBN menuturkan “baik soal ataupun LJK yang diterima dari Kantor Kementerian Agama kabupaten  tidak ada masalah semuanya dapat terbaca dengan baik dan LJK yang diterimapun dalam keadaan baik dan utuh. Sejauh ini pelaksanaan UAMBN di MTsN Kota Donok berjalan dengan lancar dan tertib”.

Masih dijelaskan oleh ketua panitia UAMBN,  “bahwa siswa MTsN Kota Donok yang mengikuti ujian berjumlah 42 siswa, yang terdiri dari  28 putra dan 14 putri yang mana masing–masing para peserta ujian di bagi menjadi 3 ruang, untuk  ruang I terdiri dari 20 siswa dan ruang 2 terdiri dari 19 siswa dan ruang 3 terdiri dari 3 siswa.  Alhamdulilah semua siswa MTsN Kota Donok  dapat mengikuti Ujian Akhir Madrasah pada hari ini dengan lancar.  Adapun bidang studi terakhir yang diujikan adalah mata pelajaran Bahasa Arab.

Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) ini harus diikuti oleh para siswa sebagai salah satu tahapan untuk mengikuti Ujian Nasional Selanjutnya. Disamping hal tersebut UAMBN ini juga dilaksanakan dengan tujuan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik pada akhir jenjang satuan pendidikan, sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang telah ditetapkan secara nasional.

Selain dari hal tersebut  masalah sistem pengawas pada saat Ujian berlangsung adalah sistem pengawas silang. Adapun nama-nama pengawas UAMBN di MTsN Kota Donok tahun 2016  antara lain: Bpk. Wance, S.T. Bpk. Ryan Van Early,S.Pd. Ibu. Silvi Risnawati,S.Pd. Ibu. Anita Afriani, Ibu Riska Dilliantika,S.Pd dan Ibu. Feni yiskasari, S.Pd. yang berasal dari MTsN Muara Aman berdasarkan Surat Keputusan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu bahwa setelah UAMBN selesai dilaksanakan pada hari Rabu, 13 April 2016, maka LJK para siswa langsung diserahkan ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong.
 

Penulis : hadi **
Redaktur: H.Nopian Gustari
 

Bagikan :