Kapolsek Lebong Selatan Pembina Upacara MAN Talang Leak

Kapolsek Lebong Selatan Pembina Upacara MAN Talang Leak

Bengkulu (Informasi dan Humas) 12/4- Seperti biasanya setiap hari senin MAN Talang Leak selalu mengadakan upacara Bendara. Namun Upacara Bendera pada pagi ini menjadi istimewa, sebab sesuai jadwal yang menjadi Pembina upacara adalah dari jajaran Kepolisian Resort Polres Lebong.  Dalam hal ini Pembina upacara diwakilkan kepada Kapolsek Lebong selatan.

Dalam kesempatannya Kapolsek Lebong Selatan menyampaikan Amanat Kapolres Lebong tentang penyalahgunaan narkoba/nafza dikalangan pelajar. Dalam penyampian amanah tersebut, dikatakan bahwa menurut Badan koordinasi Narkotik Nasional terhimpun   pecandu narkotik di Indonesia  pada umumnya berusia 11 – 24 tahun (usia produktif) terdata 800 pada siswa Sekolah Dasar, 7000 kasus pada siswa SMP dan 10000 kasus pada siswa SMA pada tahun 2015. Terkhusus di Lebong  ada 11 kasus narkotik, sebagian besar diantaranya adalah pelajar.

Selain itu juga pembina upacara menyampaikan  dampak negatif dari penyalahgunaan barang haram tersebut bagi pelajar, diantaranya;  menurunnya kedisiplinan dan prestasi belajar, suka mencuri untuk memenuhi hasrat dan mendapat jeratan hukum sesuai dengan Undang-undang Narkotik no. 35 tahun 2009 berbunyi perbuatan memiliki, menyimpan, menguasai  atau menyediakan narkotik golongan 1 bukan tanaman lebih dari 5 gram pelaku dipidana paling singkat 5 tahun dan paling lama 20 tahun dan denda paling banyak 20 miliar.

Upaya pencegahan terhadap masalah tersebut menjadi tanggung jawab bersama baik pihak sekolah, pendampingan orang tua dan jajaran penegak hukum serta ketegasan diri  terhadap “say no to drug”

Terpisah, Kepala MAN Talang Leak, Harta. M.Pd mengatakan bahwa tidak hanya kali ini saja Upacara MAN Talang Leak dihadiri dan dibina oleh jajaran kepolisian. Tapi biasanya setiap semester pasti ada jadwal dari kepolisian untuk menjadi Pembina upacara di MAN Talang Leak. Tidak hanya itu, sudah setahun terakhir ini telah ada beberapa instansi yang menjadi Pembina Upacara di MAN Talang Leak diantaranya Camat Bingin Kuning, Kapolsek Lebong Selatan, Ka Kemenag Lebong, Ka Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu.

Penulis : Dori Ansori **
Redaktur: H.Nopian Gustari 

Bagikan :