Kemenag Lebong Gelar Sholat Gerhana

Kemenag Lebong Gelar Sholat Gerhana

Bengkulu (Informasi dan Humas) 11/3- Mari kita meningkatkan keimanan kepada Allah SWT dengan memperbanyak bersyukur dan beristigfar, hal ini dikatakan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong Drs. H. Tasri, MA melalui Kepala Sub. Bag. Tata Usaha H. Olik Nurholik, S.Agpada saat mengelar sholat Gerhana di Masjid Agung Sultan Abdullah pada Rabu (9/3).

Dia menjelaskan sholat Gerhana hanya dilaksanakan apabilal terjadi gerhana, baik itu gerhana matahari maupun gerhana bulan. Adapun tujuan dari sholat Gerjana tersebut agar semua mahluk untuk memuji kebesaran Allah SWT yang telah menciptakan Bumi dan Langit. Gerhana tidak terjadi setiap tahun sebab peredaran antara matahari dan Bulan berdasarkan porosnya masing-masing. Apabila lintasan Matahari atau Bulan bertemu maka terjadilah Gerhana karena cahaya Matahari atau Bulan tertutup.

“Sholat Gerhana ini jarang terjadi sebab tidak setiap tahun dilaksanakan, tujuanya untuk meningkatkan keimanan dengan beristigfar serta melihat kebesaran ciptaan Allah SWT dalam menciptakan Langit dan Bumi” jelasnya saat selesai sholat Gerhana.

Ia menambahkan, sholat gerhanan dilaksanakan pukul 07.15 WIB yang dipimpin oleh imam masjid Agung dengan khotib Kepala MAN Talag Leak Harta, M.Pd. Sholat Gerhanan ini dilaksanakan bukan hanya di Masjid Agung akan tetapi di setiap masjid kecamatan juga dilaksanakan yang dipimpin oleh imam masjid masing-masing.

Dalam khutbahnya, Harta, M. Pd menerangkan bahwa setiap mahluk harus memperbanyak istigfar kepada Allah SWT guna memohon ampun atas kesalahan atau dosa yang perna dilakukan selama ini. Bukti keimanan dan ketaqwaan kita sebagai umat Islam dengan mengagungkan dan mengakui kebesaran Allah SWT bahwa gerhana yang terjadi adalah salah satu bukti kekuasaan Allah SWT.

Begitu juga dengan penciptaan alam semesta yang merupakan tanda-tanda kebesaran Allah SWT maka sebagai mahluk ciptaan Allah SWT kita harus yakin dan percaya bahwa peristiwa yang terjadi pada alam semesta merupakan kekuasaan Allah SWT.

Sementara itu, Kepala Seksi Bimas Islam H. Darul Maukup, S.Ag menerangkan bahwa acara sholat Gerhana terlaksana dengan baik yang diikuti oleh para pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Lebong, TNI, Polisi, para pejabat dilingkungan Kantor Kementerian Agama dan para siswa serta ratusan masyarakat Kabupaten Lebong. 

Penulis : Bibin **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :