Mantan Kasubbag TU Kemenag Lebong Bina Guru dan Pengawas

Mantan Kasubbag TU Kemenag Lebong Bina Guru dan Pengawas

Bengkulu (Informasi dan Humas) 6/11- Mantan Kasubbag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong Drs. H. Rizkan M.Pd mengisi materi pembinaan guru dan pengawas penerima tunjangan perofesi di Aula Kantor kementerian Agama Kabupaten Lebong pada hari Rabu(04/11)

Ia menjelaskan guru professional adalah guru yang memahami peserta didik, tentang perencanaan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya.

Dilihat dari segi aktualisasinya, pendidikan merupakan proses interaksi antara guru dengan peserta didik untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan yang ditentukan. Pendidik, peserta didik dan tujuan pendidikan merupakan komponen utama pendidikan.

Pendidikan sebagai suatu sistem terdiri atas berbagai komponen masing-masing saling berkaitan dengan hubungan untuk mencapai keberhasilan pendidikan sesuai dengan apa yang telah diprogramkan. Dengan demikian setiap komponen memiliki sifat tergantung sesamanya. Keselarasan antarkomponen ini akan menopang keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan, salah satu di antara komponen tersebut adalah alat pendidikan. 

Selanjutnya fungsi pendidikan ialah sebagai waratsat al-anbiya, pada dasarnya mengembang misi sebagai rahmat lil al-‘alamin, yaitu suatu misi yang mengajak manusia untuk tunduk dan taat pada hukum-hukum Allah, guna memperoleh keselamatan dunia dan akhirat. Kemudian tugas ini dikembangkan.  

“Guru merupakan salah satu penentu keberhasilan dalam pendidikan. Untuk itu setiap inovasi pendidikan, khususnya dalam kurikulum dan peningkatan sumber daya manusia yang dihasilkan dari upaya pendidikan harus bermuara pada guru. Hal ini menunjukkan bahwa betapa pentingnya peran guru dalam dunia pendidikan” jelas pria yang kini menjadi dosen IAIN Bengkulu itu.

Guru sertipikasi harus memiliki kompetensi socisl yang artinya guru yang mampu berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.

Penulis : Bibin **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :