MTs Qaryatul Jihad Benteng Adakan UKS dan UKGS

MTs Qaryatul Jihad Benteng Adakan UKS dan UKGS

Bengkulu (Informasi dan Humas) 26/5- Bertempat di gedung sekolah MTs Qaryatul Jihad Pondok Kubang Benteng, Puskesmas Pondok Kubang Benteng adakan kegiatan Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di kelas VIII dan VII.

Acara yang dijadwalkan pada pukul 09.00 WIB tersebut dilaksanakan dengan lancar meskipun masih ada siswa yang masih takut karena yang datang merupakan para bidan dan perawat di puskesmas Kecamatan Pondok Kubang Bengkulu Tengah. Akan tetapi hal tersebut bukan seperti yang di bayangkan, kedatangan bidan dan juga perawat tersebut untuk mendata siswa-siswi di semester kedua di MTs Qaryatul Jihad serta memberikan materi dan informasi yang berhubungan dengan kesehatan siswa. Selain itu, pendataan tentang lingkungan Madrasahpun ikut menjadi sorotan yang dilakukan oleh pihak puskesmas.

Ditemui secara langsung, Kepala Madrasah MTs Qaryatul Jihad mengatakan kalau kegiatan ini memang rutin dilakukan oleh Puskesmas Pondok Kubang, “kalau kemarin penyuluhan tentang bahaya narkoba bagi remaja, tapi untuk kali ini mereka melakukan pendataan terhadap siswa-siswi MTs serta mendata informasi madrasah tentang UKS serta UKGS madrasah.” Lebih lanjut ia menambahkan kalau dari pihak sekolah sendiri sangat senang dengan kegiatan ini, dan berharap dengan diadakannya kegiatan ini, siswa-siswi MTs Qaryatul Jihad lebih sadar akan pentingnya sehat sebelum sakit dan tentunya juga sadar akan kebersihan diri dan lingkungan, tuturnya disela-sela perbincangan dengan bidan dan perawat dari puskesmas.

Meskipun dari Madrasah belum memiliki UKGS atau Usaha Kesehatan Gigi Madrasah sendiri, akan tetapi kegiatan ini cukup memberi semangat kepada siswa dan madrasah untuk lebih memperhatikan kesehatan tubuh khususnya kesehatan gigi yang memang menjadi salah satu bagian penting dari tubuh kita yang sering dilupakan. Dan juga dari pihak madarasah sendiri berharap agar pemerintah juga bisa memberikan bantuan UKGS untuk madrasah-madrasah agar kesehatan siswa di madrasah lebih terjamin dan teroganisir.

Penulis : Abdul Azis/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :