MIN Talang Empat Benteng dan Pustu Ajarkan Anak Bersihkan Luka

MIN Talang Empat Benteng dan Pustu Ajarkan Anak Bersihkan Luka

Bengkulu (Informasi dan Humas) 16/12- Dalam suasana Istirahat setelah satu minggu menjalankan Ujian Smester Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri Desa Talang Empat Kecamatan karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah Rahman Umar, M. Pd. Senin 15 Desember 2014 melalui Guru Kelas dan datangkan Petugas Puskesmas Pembantu (PUSTU) Desa Bidan Neli mengadakan Praktek pembersihan luka.

Kegiatan tersebut dilakukan oleh dokter-dokter kecil yang telah ditugaskan oleh Madarasah tersebut yang berada dikelas 5 dan 6. Praktek tersebut langsung menggunakan peralatan medis yang disediakan oleh sekolah sendiri berupa Kain Kasa, Kapas, obat-obatan berupa obat merah dan salap pengering untuk luka bakar.

Praktek tersebut diawali dengan membersihkan luka dengan menggunakan air hangat dan dibasuhkan pada bagian luka yang berdarah, kemudian di teteskan sedikit alkohol untuk membersihkan kuman-kuman pada luka, kemudian di beri berupa obat merah setelah itu luka di tutup dengan menggunakan kapas dan lem penutup berupa kain kasa, sedangkan untuk luka terbakar semula luka dibersihkan dengan dan dioles dengan obat.

Praktek ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada siswa bagaimana perawatan luka yang baik dan benar sebagai pertolongan pertama dan hal ini dapat dilakukan oleh siswa baik disekolah maupun diruma masing-masing, jelas Bidan Desa Neli.

Penulis : Guntur/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :