Kepala Kemenag RL Rapat Bersama Pengurus FKUB

Kepala Kemenag RL Rapat Bersama Pengurus FKUB

Bengkulu (Informasi dan Humas) 14/11- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong Drs. H. M. Ch. Naseh, M.Ed rapat bersama pengurus Forum kerukunan umat beragama (FKUB) yang dilaksanakan di gedung sekretariat FKUB yang ada di kecamatan curup timur. 

Rapat yang dilaksanakan yaitu membahas masalah tata cara pendirian rumah ibadah bagi umat non muslim.

Berdasarkan tata cara pendirian rumah ibadah diatur dalam Peraturan Bersama Menteri Agama a.n Menteri Dalam Negeri Nomor 8 dan Nomor 9 Tahun 2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), dan Pendirian Rumah Ibadah.

Dalam Peraturan bersama tersebut bahwa ketika umat non muslim akan membuat rumah ibadah harus adanya dukungan dari umat muslim yang ada di wilayah tersebut, minimal 60 Kepala Keluarga (KK), selain itu rumah ibadah yang didirikan tersebut harus di manfaatkan oleh non muslim minimal 90 kk. Apabila kurang dari 90 kk untuk melakukan pendirian ruma ibadah belum bisa dilaksanakan. 

Selain itu untuk ketentuan yang lain untuk pendirian rumah ibadah bagi non muslim sebelum mendirikan bangunan harus terlebih dahulu dilaporkan ke sekretariat FKUB, tujuannya supaya dikemudian hari tidak terjadinya konflik, sehinggah kerukunan umat beragama tetap terjaga.

Penulis : Halim/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :