Siswa/i MTsN Agung Jaya Mukomuko Ikuti Sosialisasi PKPR

Siswa/i MTsN Agung Jaya Mukomuko Ikuti Sosialisasi PKPR

Bengkulu (Informasi dan Humas) 29/10- Dengan mamanfaatkan ruangan UKS Madrasah siswa siswi MTsN Agung Jaya mengikuti sosialisasi Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) yang merupakan kegiatan kerjasama Puskemas Air Manjuto dengan UKS MTsN Agung Jaya, Kerjasama ini sangat dibutuhkan oleh Segenap keluarga besar MTsN Agung Jaya karena sangat membantu siswa siswi dalam meningkatkan kesehatannya apa lagi mereka baru menginjak remaja banyak permasalahan yang dialami mereka terutama perkembangan biologis mereka. 

Mungkin sama guru mereka merasa malu namun terhadap sesama temannya mungkin lebih terbuka. Hal ini juga akan membantu guru BK dalam mengatasi pisiologi siswa siswi dalam keadaan transisi dari mau meningkat menjadi remaja. Materi sosialisasi disampaikan oleh Tim PKPR dari puskesmas Air Manjuto. 

Siswa siswi yang mengikuti sosialisasi bukan secara keseluruhan, tetapi dipilih siswa siswi yang bisa menyampaikan keluhan-keluhan teman-temannya yang berkaitan dengan kesehatan. Siswa siswi yang terpilih tersebut merupakan Kader Kesehatan Sekolah/ Konselor sebaya ( Peer Conselor). Konselor sebaya ini akan akan menindak lanjuti keluhan-keluhan teman-temannya dengan mengkonsultasikan kepada konselor yang telah ditujuk pihak puekesmas. 

Konsultasi ini bisa dilakukan dengan cara via SMS atau datang langsung ke Puskesmas dengan menyebutkan nama dan asal sekolah. Setelah konselor sebaya mendapat arahan tentang permasalahan tersebut, maka dia menyampaikan kepada teman-temannya. Konselor sebaya ini terdiri dari empat utusan perlokal, Lokal yang dari kelas VII sampai kelas IX terdiri dari enam lokal jadi jumlah konselor sebaya 16 orang, perempuan delapan dan laki-laki delapan juga.  

Dalam Sosialisa ini Tim PKPR dari puskesmas juga mengadakan diskusi dengan kepala Madrasah, guru BK, guru UKS dan kader Kesehatan Sekolah/ Peer Conselor. Kepala Madrasah MTsN Agung Jaya Syafrizal, S.Ag sangat mengapresiasi kegiatan ini, semoga dengan kegiatan ini akan memperluas pengetahuan siswa masalah kesehatan. Tutupnya.

Penulis : Jus/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :