H.Ajamalus: SISKOHAT Kemenag Benteng Akan Dipasang Tahun 2015

H.Ajamalus: SISKOHAT Kemenag Benteng Akan Dipasang Tahun 2015

Bengkulu (Informasi dan Humas) 23/10- Sebagai Upaya peningkatan pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah di kabupaten Bengkulu Tengah terus dilakukan agar masyarakat dapat doberikan pelayanan secara maksimal, baik peningkatan pelayanan pendaftaran haji maupun peningkatan pelayanan pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji karena penyelenggaraan haji merupakan salah satunpelayanan publik yang harus mendapat perhatian serius secara bersama-sama.

Sejak terhitung bulan Maret 2014 yang lalu peningkatan pelayanan pendaftaran haji bagi masyarakat kabupaten Bengkulu Tengah telah dilakukan, dimana pendaftaran haji yang sebelumnya dilakukan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Utara, telah dapat dilakukan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Tengah dengan memanfaatkan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Unit Karang Tinggi sebagai Bank Penerima Setoran (BPS) Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH).

Dengan adanya peningkatan pelayanan pendaftaran haji di Kantor Kemenag Benteng, maka masyarakat tidak perlu lagi melakukan pendaftaran haji di kantor Kemenag Bengkulu Utara, jadi terdapat kemudahan baik dari segi biaya transportasi maupun waktu yang diperlukan, dimana jika pendaftaran di Kantor Kemenag Bengkulu Utara memakan waktu satu sampai tiga hari, dan biaya tidak kurang Rp.100 ribu sampai dengan Rp. 250.000 karena bagi masyarakat yang tidak memiliki kendaraan pribadi harus mencarter mobil umum.

Sekarang Alhamdulillah satu hari selesai dapat nomor porsi, dan biaya paling tinggi hanya Rp.10 ribu -25 ribu. Pelayanan yang sudah diberikan oleh Kantor Kemenag Benteng sekarang belum optimal karena perangkat mesin SISKOHAT belum terpasang di kantor Kemenag Benteng sehingga pendaftaran masih manual sifatnya dengan menggunakan aplikasi dikonekkan dengan SISKOHAT pusat. 

Oleh karena itu untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat kabupaten Bengkulu Tengah dalam pendaftaran haji kedepan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Tengah Drs. H. Ajamalus, MH menjelaskan bahwa tahun 2015 nanti akan dipasang mesin perangkat SISKOHAT tersebut sehingga pelayanan pendaftaran haji betul-betul optimal.

Jika perangkat mesin SISKOHAT ini sudah ada, maka pendaftaran haji Insya Allah sudah bisa dilayanan dengan hitungan menit sudah selesai. Namun demikian perangkat mesin SISKOHAT ini akan maksimal beroperasi jika didukung oleh jaringan telpon atau internet yang baik. Oleh karena itu Kami berharap tahun ini (2014) atau paling lambat awal tahun 2015 jaringan telpon sudah masuk di komplek perkantoran Pemerintah Daerah Renah Semanek, sehingga Kantor Kemenag Benteng tidak lagi terhambat dalam meng-entri data melalui SISKOHAT.

Kalau sekarang masih susuah, disamping masih entri secara maual, kami juga masih menggunakan modem dalam mengaplikasi data calon jamaah haji dengan menggunakan kartu halo. Pelayanan ini sangat lambat disamping harus menggunakan dana yang sangat besar untuk membayar pulsa jelas H. Ajamalus diruang kerjanya.

Penulis : Guntur/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :