Kemenag RL Lakukan Penyusunan Data ZIS KUA Sindang Beliti Ulu

Kemenag RL Lakukan Penyusunan Data ZIS KUA Sindang Beliti Ulu

Bengkulu (Informasi dan Humas) 16/6- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong (RL) melalui Penyelenggaran Syari’ah mengadakan Penyusunan Data Zakat Infaq Shodaqoh (ZIS) ke KUA Kecamatan Sindang Beliti Ulu, Di Ketuai Tim Penyusunan Data Zakat Infaq Shodaqoh Tegu Ati, S.Ag, M.Pd. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memvalidasi Data Zakat Infaq Shodaqoh dan juga untuk mendapatkan data yang sinkron antara data Zakat Infaq Shodaqoh di KUA dan data di bagian Penyelenggara Syari’ah Kantor Kementerian Agama Kab. Rejang Lebong, sehingga data-data yang terhimpun menjadi valid.

Perjalanan ke KUA Sindang Beliti Ulu sangat jauh, menghabiskan waktu perjalanan 1 jam 45 menit, dan perjalanannya pun sangat rawan penodongan, sehingga Tim yang bertugas juga merasa was-was. Di perjalanan ke lokasi juga tidak bagus, jalannya sudah rusak, terjal dan berliku-liku, sehingga pinggang terasa sakit setelah sampai ke lokasi.

Penyusunan Data Zakat Infaq Shodaqoh ke KUA Kec. Sindang Beliti Ulu dilaksanakan dengan memeriksa berkas dan mewawancarai petugas KUA Sindang Beliti Ulu dengan mencocokkan data–data yang ada di KUA dengan data yang ada di bagian Penyelenggara Syari’ah Kantor Kementerian Agama Kab. Rejang Lebong.

Suasana Asri masih nampak disekitar Kantor KUA Sindang Beliti Ulu, karena memang lokasi KUA ini agak berdekatan dengan perkebunan penduduk, masih sedikit sekali rumah di sekitar Kantor KUA tersebut, sehingga pinggang yang semula terasa sakit menjadi hilang karena suasana di sekitar kantor yang nyaman, di tambah dengan kicauan burung.

Data zakat infaq dan shodaqoh di KUA Sindang Beliti Ulu, relatif sama dengan yang ada dengan di Penyelenggaran Syari’ah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong, walaupun terdapat sedikit perbedaan, namun disitulah letaknya pentingnya kegiatan pendataan dan penyusunan data Zakat Infaq dan Shodaqoh ini.

Hasil pendataan yang didapat di KUA Sindang Beliti Ulu, dengan data yang ada di bagian Penyelenggara Syari’ah Kantor Kementerian agama Kab. Rejang Lebong, persis sama, sehingga dengan adanya kegiatan ini menambah manfaat dengan Validnya data antara kedua lembaga kementerian agama Kab. Rejang Lebong ini.

Harapan Tim Penyusunan Data Zakat Infaq Shodaqoh Kantor Kementerian Agama Kab. Rejang Lebong, semoga data tanah wakaf di masa-masa mendatang sangat Valid dan bisa dipertanggung jawabkan otentisitasnya. Dan pemerintah memperhatikan jalan ke lokasi kua yang sangat jelek dan hancur.

Penulis : Ismail Mainas/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :