Ka.Kanwil Lakukan Penilaian Keluarga Sakinah, KUA dan Masjid Teladan Kabupaten Seluma

Ka.Kanwil Lakukan Penilaian Keluarga Sakinah, KUA dan Masjid Teladan Kabupaten Seluma

Bengkulu (Informasi dan Humas) 13/5- Keluarga Sakinah, KUA dan Masjid Teladan merupakan cerminan dari Keimanan. Untuk itulah diadakan lomba yang dilakukan dari tingkat kecamatan, Kabupaten, Provinsi kemudian tingkat Nasional. Setelah diadakan tahap Kecamatan dan Kabupaten maka kini tingkat Provinsi.

Pada Hari Senin tanggal 12 Mei 2014 TIM dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi melakukan penilaian terhadap pemenang di tingkat Kabupaten yakni untuk Keluarga Sakinah (Keluarga Bapak Zainal), KUA percontohan adalah KUA Ilir Talo, Masjid Teladan dimenangkan oleh Masjid At-TakwaKelurahan Bunga Mas Kecamatan Seluma Timur.Penilaian langsung dilakukan oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu.

Dalam kata sambutannya, Kepala Kanwil kemenag Provinsi Bengkulu Bapak H. Suardi Abbas, SH. MH mengatakan bahwa sudah 3 kabupaten yang telah dilaksanakan penilaian dan Kabupaten Seluma merupakan Kabupaten yang ke-4 dikunjungi dan dinilai oleh Tim dari Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu dimana nilai yang didapat akan dikumpulkan dan diastukan oleh tim serta akan bergabung dengan 10 kabupaten/kota yang telah dilakukan penilaian oleh tim.

Diantara 10 Kabupaten/kota hanya 1 kabupaten yang akan menjadi perwakilan Provinsi bengkulu untuk mengikuti penilaian di tingkat Nasional dan berpeluang bertemu dengan Presiden di Istana Negara.

Kepala Kemenag Kabupaten Seluma Bapak H. Sipuan, S.Ag. MM dalam kata sambutannya mengatakan bahwa yang dinilai dalam kriteria Keluarga Sakinah adalah Pemahaman dan pengamalan Ajaran Islam, Pemahaman dan pengamalan Kehidupan dalam keluarga, perkawinan dan kehidupan Rumah Tangga, Pengetahuan Umum serta Lingkungan tetangga dan Masyarakat.

Penilaian untuk KUA Teladan dengan kriteria Komponen (Visi, Misi dan Motto, sistem dan prosedur pembangunan, Sumber Daya Manusia Pelayanan, sarana prasarana, kemampuan membaca kitab,  kemampuan membaca Al-Qur’an dan Khutbah Nikah, Sedangkan Kriteria Masjid Teladan diantaranya Kebersihan dan Kerapian Masjid serta Aktif tidaknya Masjid dalam 5 waktu.

Penulis : Ujang/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :