MA Tarbiyah Islamiyah Kerkap Sukses Laksanakan UN

MA Tarbiyah Islamiyah Kerkap Sukses Laksanakan UN

Bengkulu (Informasi dan Humas) 2/5- Ujian Nasional merupakan agenda nasional dalam bidang pendidikan yang bertujuan untuk menguji kompetensi siswa dalam bidang akademik. Hasil dari Ujian Nasional merupakan salah satu indikator penentu kelulusan siswa dalam menempuh suatu jenjang pendidikan. MA Tarbiyah Islamiyah sebagai salah satu lembaga pendidikan formal yang beralamat di Desa Pasar Kerkap Kecamatan Air Napal Kabupaten Bengkulu Utara pada Tahun Pelajaran 2013/2014 juga telah selesai menyelenggaran Ujian Nasional untuk tingkat Madrasah Aliyah. 

Kepala MA Tarbiyah Islamiyah Kerkap, Mukhlis, S.Pd mengungkapkan bahwa siswa siswi kelas XII yang mengikuti Ujian Nasional tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 35 siswa dari MA Tarbiyah Islamiyah Kerkap dan 9 orang siswa dari MA Lais. Jumlah Peserta keseluruhan sebanyak 44 orang siswa yang ditempatkan dalam 3 ruang ujian. 

Lebih lanjut, mukhis mengungkapkan bahwa Penggabungan pelaksanaan Ujian antara MA Tarbiyah Islamiyah Kerkap dan MA Lais dekarenakan jumlah peserta Ujian Nasional dari MA Lais tidak mencukupi rasio jumlah minimal satu ruang ujian yaitu sebanyak 20 orang siswa. Dalam pelaksanaan ujian ini semua hal yang menyangkut kebutuhan ujian baik sarana prasarana maupun administrasi telah dipersiapkan dengan baik oleh panitia penyelenggara yang terdiri dari gabungan antara guru dan staf TU MA Tarbiyah Islamiyah dan MA Lais. Semua unsur telah bahu- membahu melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing sehingga semuanya bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Seluruh peserta ujian yang terdaftar juga berhasil mengikuti ujian dangan baik dan tidak ada peserta yang terpaksa mengikuti ujian ulang. 

Mukhlis juga menambahkan bahwa pelaksanaan Ujian Nasional di MA Tarbiyah Islamiyah awasi oleh pihak Universitas Bengkulu sebagai tim pengawas independen dan dari pihak kepolisian sebagai petugas pengamanan. Disamping itu dalam hal pengawasan pelaksanaan dalam ruang ujian juga dilaksanakan dengan sistem pengawas silang antar sekolah/madrasah. Adapun pengawas ruangan yang bertugas di MA Tarbiyah Islamiyah berasal dari SMAN 1 Air Besi, SMAN 1 Kerkap dan SMAN 1 Lais. 

Disamping pihak pemantau dan pengawas, pelaksanaan Ujian Nasional di MA Tarbiyah Islamiyah juga dimonitor oleh pihak-pihak terkait dengan lembaga pendidikan yaitu, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Utara, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkulu Utara, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu serta dari UPTD Kecamatan Kerkap, Ulu Palik,Air Besi dan Air Napal. Dari unsur pemerintahan pun disela kesibukannya pihak Kecamatan Air Napal dalam hal ini Camat Air Napal juga sempat hadir dan memantau pelaksanaan Ujian Nasional di MA Tarbiyah Islamiyah Kerkap. Lanjut Mukhlis

Dengan keterlibatan berbagai pihak diatas maka pelaksanaan Ujian Nasional di MA Tarbiyah Islamiyah dapat berjalan dengan tertib, lancar dan jujur.

Penulis : MS/C **
Redaktur: H.Nopian Gustari

Bagikan :