Serunya Tarik Tambang dalam Menumbuhkan Sportivitas dan Teamwork Siswa MIN 4 Seluma

Seluma (Humas)- Tarik tambang merupakan permainan yang dilakukan secara berkelompok, serta membutuhkan kekuatan dan kekompakan para pemainnya. Biasanya, setiap regu dari permainan ini terdiri dari 3 orang atau lebih, yang berdiri sesuai dengan urutan strategi regunya. Permainan ini dilakukan oleh siswa MIN 4 Seluma pada kamis 13 Juni di lapangan olahraga yang dipandu oleh M. Iqbal Albani, S.Pd. Permainan ini diikuti siswa MIN 4 Seluma mulai dari kelas III sampai V dengan local A dan B.

Iqbal Albani memaparkan cara memainkan permainan tarik tambang kepada siswanya yaitu para pemain dibagi menjadi dua regu, setiap regu memiliki jumlah anggota yang harus sama, pada sikap awal sebelum memulai permainan tangan kanan dan kiri para pemain memegang tali tambang dengan erat, posisi kaki membentuk kuda-kuda dan agak dibuka lebar, pada saat menarik tali tambang masing-masing regu harus bersama-sama mengeluarkan tenaga atau kekuatan agar tidak kalah, regu yang berhasil tertarik dan terbawa sampai melewati batas garis dinyatakan kalah, serta dibutuhkan kerja sama dan saling menghargai sesama anggota regu agar dapat meraih kemenangan selama permainan tarik tambang dilaksanakan.

Wasit juga menjelaskan bahwa dalam permainan ini dapat menumbuhkan sportivitas antar tim dengan menjunjung aturan permainan tarik tambang. Misalnya memiliki area panjang 20 meter sampai 40 meter, lebar area permainan tarik tambang adalah 5 meter sampai 8 meter, pada tengah area diberi garis kapur yang cukup jelas, berfungsi sebagai pembatas area lawan dan dari garis pembatas Tengah dibuat garis pembatas peserta terdepan sepanjang 2,5 meter, menarik tali dari ikatan tengah tali tambang sampai pada garis pembatas, dan peserta yang dinyatakan sebagai pemenang, apabila berhasil mengalahkan regu lain dengan score 2-0 atau 2-1, atau seterusnya.

Saat permainan berlangsung sangat terlihat serunya anak-anak dalam menikmati suasana permainan, dibenak anak-anak tidak memikirkan seberapa besar hadiahnya yang penting kami senang dan bisa bermain Tarik tambang Bersama teman-teman. “Tutur salah satu peserta permainan Tarik tambang”.

Kepala MIN 4 Seluma, Syamsuryadi juga mengatakan bahwa permainan ini memerlukan teamwork yang baik dan mengharuskan adanya kekompakan serta kerja sama yang baik antar anggota. Hal tersebut diharapkan memberikan pembelajaran tersendiri bagi para siswa seperti mental. Seiring dengan kemajuan teknologi. Sehingga diperlukan interaksi sosial secara real, tidak hanya melalui dunia maya. Pendidikan olahraga sangat penting karena memberikan banyak manfaat untuk perkembangan fisik, mental, dan sosial, terlebih untuk anak-anak. Olahraga dapat membantu anak-anak menjadi lebih aktif secara fisik dan membantu mereka mencapai kesehatan fisik yang optimal. Selain itu, olahraga juga dapat membantu mengurangi risiko obesitas dan masalah kesehatan lainnya. Olahraga juga dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik seperti koordinasi tangan, keseimbangan, dan koordinasi tubuh secara keseluruhan.. Melalui kebersamaan ini diharapkan bisa membentuk soft skill siswa yang menjunjung tinggi kerjasama dan kekompakan dalam tim. (Eka/Iqb)


TERKAIT

Berita LAINNYA