Semarak Ramadan 1445 H, MTsN 2 Mukomuko Adakan Berbagai Kegiatan Keagamaan

Mukomuko---(Humas) MTsN 2 Mukomuko mengadakan serangkaian kegiatan keagamaan selama bulan Ramadan 1445 H di antaranya yaitu ceramah singkat / kultum, shalat dhuha berjamaah, dan tadaruz Al-Qur’an. Kegiatan tersebut diadakan sebagai salah satu sarana peningkatan iman dan takwa serta penguatan akhlak bagi para siswa madrasah.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 07.10 WIB itu diikuti oleh guru, tenaga kependidikan dan seluruh siswa. Kegiatan kultum selama bulan Ramadan akan dilaksanakan oleh siswa secara bergilir sesuai jadwal.

Seperti halnya hari ini, Selasa (19/03/2024), yang bertindak sebagai petugas kultum yaitu Daniel Alfarizi dari kelas IX D. Di hadapan teman-temannya, ia menyampaikan kultum dengan materi hakikat puasa. Di dalam ceramahnya Daniel menyampaikan bahwa puasa memiliki ciri khas unik dibandingkan dengan ibadah-ibadah lainnya. Puasa merupakan ibadah yang rahasia karena yang mengetahui seorang berpuasa atau tidak hanya dirinya dan Allah SWT.

Agar kegiatan tersebut berlangsung dengan tertib, sebelum tampil, perwakilan OSIM maju sebagai pembawa acara. Selama kultum berlangsung, ada tiga guru yang bertindak sebagai juri untuk memberikan penilaian kultum yang disampaikan petugas.

“Kriteria penilainnya meliputi isi, penyampaian, dan ekspresi. Nilai dari masing-masing juri nantinya akan diakumulasikan di akhir kegiatan Ramadan untuk menentukan petugas kultum terbaik,” ujar Tintin Rahmawati, S.Pd selaku Waka Kesiswaan.

Setelah kultum selesai, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Soal-soal pertanyaan disusun oleh juri dan dibacakan oleh anggota OSIM untuk kemudian dijawab oleh para siswa yang mendengar. Untuk menyemangati mereka, pihak madrasah juga menyediakan doorprize bagi siapa saja yang bisa menjawab setiap pertanyaan yang diajukan sesuai materi kultum yang disampaikan oleh petugas.

Kamad Yasir Tugiri, S.Pd.,M.TPd mendukung penuh dengana adanya program madrasah terkait kegiatan keagamaan yang aktif dilaksanakan selama Ramadan. Harapannya, kegiatan tersebut selain dalam rangka memperoleh keberkahan di bulan Ramadan, juga sebagai sarana untuk melatih mental dan membentuk karakter agamis bagi siswa agar menjadi siswa yang bertakwa, cerdas, dan kreatif.(ELN)


TERKAIT

Berita LAINNYA