kemenag

Asesmen Madrasah MIN 2 BS Berjalan Tertib, Aman dan Lancar

Bengkulu Selatan (Humas) – Bengkulu Selatan (Humas) – Asesmen Madrasah adalah asesmen sumatif yang diselenggarakan pada akhir jenjang pendidikan madrasah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan. Asesmen Madrasah (AM) diikuti oleh peserta didik pada akhir jenjang pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan.

MIN 2 Bengkulu Selatan melaksanakan Asesmen Madrasah (AM) Tahun Pelajaran 2023/2024 selama lima hari yaitu, dari hari Senin s.d Jum’at (13 – 17 Mei 2024). Kegiatan ini serentak berlangsung di seluruh Madrasah Ibtidaiyah Se-Kabupaten Bengkulu Selatan. Sebanyak 143 siswa yang terdiri dari laki – laki 69 siswa dan perempuan 74 siswi MIN 2 Bengkulu Selatan gabungan dari Kampus 1 dan Kampus 2 MIN 2 Bengkulu Selatan mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam satu hari diujikan dua mata pelajaran, ujian pertama pukul 08.00-09.30 WIB, ujian kedua pukul 10.00-11.30 WIB, yang berlangsung di 7 ruang kelas terdiri dari ruang I sampai dengan ruang VI diisi oleh 20 siswa/i dan ruang VII diisi oleh 23 siswa/i. Mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Al-Qur’an Hadis di hari pertama, Matematika dan Akidah Akhlak di hari ke-2, IPA dan Fiqih di hari ke-3, IPS dan SKI di hari ke-4, serta PKN dan Bahasa Arab di hari ke-5.

Para siswa sangat antusias mengikuti Asesmen Madrasah ini. Kegiatan ini diawali dengan kegiatan Shalat Dhuha berjama’ah dan Tahfidzul Qur’an dimulai pukul 07.00 WIB. Soal Asesmen Madrasah (AM) disusun oleh guru kelas dan guru mata pelajaran yang ditetapkan oleh kepala MIN 2 Bengkulu Selatan. Penyusunan kisi-kisi Asesmen Madrasah (AM) sudah mengacu pada kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku.

Ketua Panitia Asesmen Madrasah (AM) MIN 2 Bengkulu Wilismi, S. Pd menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua peserta ujian atas kerjasamanya dalam mematuhi aturan tata tertib selama pelaksanaan Asesmen Madrasah (AM) sehingga semua terlaksana dan berjalan dengan baik.

“Sebagai ketua Panitia menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia Asesmen maupun peserta ujian yang telah bekerja sama dalam mematuhi aturan dan tata tertib selama pelaksanaan Asesmen, sehingga semua bisa terlaksana dengan baik” ucap Wilismi. 

Pada pelaksanaan Asesmen Madrasah (AM) hari ketiga Rabu (15/05) di MIN 2 Bengkulu Selatan ini, Pengawas Madrasah di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Selatan Budi Hartono, M.Pd.I, Marusdi, S.Pd., MM, dan Gustini, S.Pd., M.Pd melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) pelaksanaan Asesmen Madrasah (AM) yang sedang berlangsung. 

Kedatangan Pengawas Madrasah di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Selatan disambut langsung oleh Kepala MIN 2 Dr. Hj. Zannatun Na’imah, S.Ag., M.Pd.I didampingi Waka Kurikulum Hj. Tati Suniarti, S.Pd., SD, Waka Kesiswaan Sumarni Apriyanti, S.Pd.I dan Asesmen Madrasah (AM) Wilismi, S.Pd di ruangan Kepala madrasah pada pukul 09.00 WIB.

Dalam Monitoring dan Evaluasi (Monev), rombongan pengawas madrasah di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Selatan melakukan pengecekan terhadap kelancaran proses Asesmen serta memastikan bahwa semua prosedur administrasi terpenuhi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
“Pelaksanaan Asesmen Madrasah (AM) di MIN 2 Bengkulu Selatan sudah berjalan tertib, aman dan lancar sesuai dengan jumlah dan juknis.” ucap Budi Hartono.

Kepala MIN 2 Bengkulu Selatan Dr. Hj. Zannatun Na’imah, S.Ag., M.Pd.I dalam kesempatan ini menyampaikan puji syukur kepada Allah karena pelaksanaan Asesmen Madrasah (AM) ini berjalan dengan lancar, tidak ada kendala, semua dalam keadaan sehat.

“Alhamdulillah pelaksanaan Asesmen Madrasah (AM) MIN 2 Bengkulu Selatan dari hari pertama sampai dengan hari terakhir (13 Mei s/d 17 Mei 2024) berjalan baik dan lancer sesuai dengan jumlah peserta ujian. Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. Baik itu dari ketua panitia dan panitia Asesmen maupun peserta ujian yang telah bekerja sama dalam mematuhi aturan dan tata tertib selama pelaksanaan Asesmen. Semoga seluruh siswa/i dapat berhasil dengan baik, mendapatkan nilai yang memuaskan dan bias melanjutkan ke jenjang berikutnya yang dicita-citakan,” ucap Zannatun Na’imah.


TERKAIT

Berita LAINNYA