Penyuluh Agama Islam Kab. Lebong Mengukir Prestasi Melalui PAI Awards

Lebong (Humas) – Kegiatan Penyuluh Agama Islam Award 2024 Tingkat Kabupaten Lebong dilaksanakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong Arief Azizi, S.Ag., M.H melalui Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong Malvinas RNBS, S.I.P., M. Pd pada kesempatan tersebut Kasubbag Tata Usaha Kantor Kemang Lebong H. Darul Maukup, S.Ag., M.H membuka  secara resmi kegiatan PAI Award 2024 di aula Sakinah Kemenag Kab. Lebong, Kamis (16/05/24).

Dalam sambutannya, H. Darul Maukup, mengatakan bahwa sebagai Penyuluh Agama Islam melaksanakan Tugasnya harus sesuai dengan apa yang menjadi trend sekarang, apalagi melalui media sosial, anak-anak, remaja, muda orang tua, semua bisa mengaksesnya, jadi dengan menggunakan teknologi digitalisasi, memudahkan Penyuluh Agama Islam dalam memberikan ilmu, tausiah yang menenangkan, menangani dan memecahkan persoalan yang ada di tengah-tengah masyarakat.

"Dengan nantinya dibuka acara ini, saya minta untuk kompetitif dalam berkompetisi, raihlah prestasi dan buatlah inovasi yang mana memikat hati masyarakat untuk lebih dekat dan memahami apa yang dibutuhkan masyarakat dengan tantangan zaman yang semakin modern, “Ungkap Darul.

Juri-juri pada PAI Awards ini memiliki pengalaman dan jam terbang yang tinggi sehingga akan menilai para peserta yang akan berkompetisi di hadapan juri diantaranya Juri 1. Mukhlas, S. Pd.I Ketua MUI Kab. Lebong 2. Drs. H. Nursyad gunawan, M. Pd Pensiunan Ka. KUA Kab. Lebong dan Hendrizal, S.H dari Kejaksaan Negeri Lebong.

Malvinas, mengapresiasi Penyuluh Agama Islam Kab. Lebong baik itu ASN Dan Non ASN sebagai salah satu garda terdepan dalam menyampaikan program-program Kemenag kepada masyarakat maupun pada kelompok desa binaannya. Kasi Bimas Islam menambahkan, kegiatan ini sesungguhnya untuk melihat sejauh mana kinerja dan inovasi yang dilakukan oleh penyuluh Agama Islam selama ini.

“Penyuluh Agama Islam yang ada di Kabupaten Lebong ini semuanya baik, namun pada seleksi penyuluh Agama Islam Award tahun 2024 akan dipilih yang terbaik pada setiap kategori untuk jenjang lebih tingg," ungkap Malvinas.

Malvinas RNBS mengungkapkan bahwa Penyelenggaraan kegiatan Penyuluh Agama Islam Award merujuk pada Keputusan Direktur Jenderal Bimas Islam Nomor 198 Tahun 2023 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyuluh Agama Islam Award.

"Maksud dan tujuan kegiatan ini mendorong. Peningkatan Kapasitas dan tanggung jawab Penyuluh dalam proses pendampingan kepada masyarakat. Meningkatkan kreativitas Penyuluh Agama Islam di tengah keberagaman masyarakat dan budaya bangsa ditengah era digitalisasi pada saat ini," terang Malvinas.

Lebih lanjut Malvinas menyampaikan dalam kegiatan pemilihan penyuluh agama islam award tahun 2024 ini, ada tiga hal mendasar yang harus dimiliki oleh para penyuluh: pertama yang diuji dalam kompetisi ini adalah presentasi karya tulis ilmiah, kedua presentasi video aktivitas dan ketiga adalah laporan tusi selama dua tahun terakhir.

PAI Awards tahun 2024 ini diikuti 12 peserta terdiri dari 2 penyuluh PNS 2 PAI PPPK dan  8 penyuluh Non PNS dari 12 Kecamatan, para peserta sangat antusias menyiapkan materi dan presentasi.

"Para Pemenang akan melakukan ke tingkat Provinsi nanti bagi yang Juara pada Penyuluh Agama Islam Award Kemenag Lebong akan melaju ke Tingkat Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu insha allah tanggal 20 Mei 2024,” tutup Malvinas.


TERKAIT

Berita LAINNYA