Puluhan Siswa MTsN 2 Mukomuko Ikuti Ujian Tahfiz di Bulan Suci Ramadan

Mukomuko - (Humas) MTsN 2 Mukomuko menggelar ujian Tahfidz Juz 1, 2, 29, dan 30   Bertempat di aula madrasah, kegiatan yang melibatkan 12 dewan guru sebagai penguji itu diikuti oleh 37 siswa dari kampus 1 dan 10 siswa dari kampus 2. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari salah satu program unggulan madrasah yang bertujuan untuk mengevaluasi prestasi mereka dalam menghafal dan mengamalkan Al-Qur’an. Rabu (20/3/2024)

Meskipun dalam kondisi puasa, peserta ujian tetap semangat mengikutinya. Sembari menunggu giliran, tampak para siswa dengan serius mengulang-ulang kembali hafalannya. Di hadapan seluruh peserta ujian, salah satu panitia ujian tahfiz, Nur Azizahtur Rahmah, S.Sos menyampaikan beberapa kriteria yang menjadi syarat kelulusan. “Kriteria penilaian yang akan diuji di antaranya yaitu kelancaran dan tajwid. Untuk itu ibu berpesan kepada kalian untuk mengikuti ujian ini dengan sungguh-sungguh. Tidak usah gugup, anggap saja seperti setoran hafalan biasa” ujarnya.

Seperti diketahui bahwa program tahfiz di MTsN 2 Mukomuko sudah berjalan selama 3 tahun. Peserta ujian merupakan siswa yang aktif mengikuti ekstrakurikuler kelas Tahfiz Al-Qur’an. Beberapa di antara mereka ada yang sudah pernah mengikuti wisuda tahfiz juz 30. Seperti halnya Salsabilah Shofi, salah satu kelas IX yang saat ini tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian tahfiz juz 1. Ada pula teman lainnya yang juga sedang mempersiapkan diri ujian juz 2 dan 29.

Pada pelaksanaannya masing-masing guru penguji memberikan penilaian kepada 3 – 4 siswa. Dengan cermat penguji menyimak hafalan peserta ujian dan memberikan skor pada kriteria penilaian yang telah disediakan panitia. Bagi siswa yang tidak lancar, pihak panitia memberikan kesempatan untuk mengulanginya lagi. Bagi siswa yang dinyatakan lulus maka berhak mengikuti wisuda tahfiz yang biasa dilaksanakan berbarengan dengan acara pelepasan kelas IX.(ELN)


TERKAIT

Berita LAINNYA