Mahasiswa UINFAS Mengadakan Penelitian Berbasis Modul Ajar Untuk Meningkatkan Inovasi Belajar Siswa di MIN 4 Seluma

Seluma (Humas) - Mahasiswa Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu sudah sering mengadakan penelitian karya ilmiah berupa skripsi maupun Tesis untuk memenuhi tugas sebagai mahasiswa supaya memperoleh gelar sesuai jenjang pendidikan. Hal ini terjadi pada hari selasa, tanggal 07 Mei 2024 Mahasiswa UIN FAS mengadakan penelitian Skripsi bertema Manfaat Modul Ajar dalam Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi Belajar Siswa kelas V MIN 4 Seluma.

Penelitian ini dilakukan oleh Oktapia dengan program studi Pendidikan Guru Kelas Madrasah. Mahasiswa ini berasal dari Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu yang berdomisili di Desa Tangga Batu Kabupaten Seluma. Dia mengatakan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses guru memanfaatkan modul ajar, meningkat atau tidak dari segi kreativitas dan inovasi belajar siswa. Modul ajar tersebut serupa dengan RPP yang berisi tujuan, langkah, media pembelajaran, assesmen disesuaikan dengan materi yang diajarkan berdasarkan capaian pembelajaran (CP) dan tujuan pembelajaran pada fase tertentu. Misalnya fase A yaitu kelas 1 dan 2, fase B terdiri dari kelas 3 dan 4 serta fase C yaitu kelas 4 dan 5 SD/MI.

Oktapia bersama Umar hadi, S.Pd.I sebagai wali kelas V MIN 4 Seluma mengungkapkan bahwa cara Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi Belajar Siswa yaitu Memahami karakter peserta didik, Memanfaatkan sistem pembelajaran digital, Meningkatkan kemampuan intrapersonal, Membuat media pembelajaran yang menarik, Memiliki kemampuan kreativitas dan inovatif yang tinggi, dan Berorientasi pada high order thingking skill (hots).   

Sementara itu kepala MIN 4 Seluma (Samsuriyadi, S.Pd.I) sudah menerima mahasiswa tersebut dan memberikan surat keterangan untuk dipergunakan dalam penelitian. Kepala Madrasah juga mengharapkan agar penelitian ini dapat berjalan dengan lancar. (Naf/Sya)


TERKAIT

Berita LAINNYA