Persiapan Ujian Tahfiz Wisuda Al-Qur’an Juz Ke 30 Siswa/i MIN 4 Seluma

Seluma (Humas)- Madrasah merupakan sekolah yang berlatar belakang Pendidikan agama, pendidikan agama lebih banyak diajarkan dan salah satunya Hafalan Qur'an dalam bentuk tahfiz. Tahfidz adalah menghafal dan dapat diartikan sebagai proses pengulangan suatu pelajaran, baik dengan membaca, maupun mendengar. Definisi tahfizh atau tahfidz Al-Qur’an adalah proses menghafal Alquran baik dengan cara membaca maupun mendengarkannya secara berulang-ulang sampai hafal sehingga setiap ayat mampu dibaca tanpa melihat mushaf. Tetapi di MIN 4 Seluma ini program tahfiz baru diadakan di semester genap akhir Tahun Pelajaran 2023/2024. Persiapan ujian tahfiz wisuda ini dilaksanakan pada hari Rabu 15 Mei 2024 di Mushola MIN 4 Seluma yang di bimbing oleh Endang Tri Wahyuni, SH.

Pembimbingnya mengatakan bahwa hafalan Quraan ini bertujuan supaya anak didik dapat lebih mengenal agama lebih dalam untuk bekal hidup mereka di kemudian hari dengan pembinaan yang berkarakter dan berbekal ilmu, iman dan takwa tak sedikit siswa madrasah yang memiliki kualitas prestasi dan yang tak kalah dari sekolah lainnya. Pembelajarannya juga menekankan pada makhrajul huruf, tajwid, dan kefasihan siswa. Ujian Tahfiz ini Akan di laksanakan untuk mengevaluasi  hafalan Al-Quraan Siswa terutama pasa Juz 30. Metode tahfidz Al-Quran dilakukan dengan pendengaran, yaitu guru membacakan dan murid mengulangi bacaan secara berulang-ulang. Adapun apabila ada kesalahan atau kekurangtepatan makharijul huruf maka guru agar menegur dan mencontohkan bacaan yang benar. Nilai yang digunakan dalam hasil ujian tahfiz adalah Mumtaz artinya nilai istimewa, Jidan (baik), jayyid jidan dengan nilai sangat baik, dan sebagainya. Persiapan wisuda juga sudah dilakukan seperti pakaian, memakai slempang, dan peci/jilbab, serta mahkota bagi peserta wisuda tahfiz yang perempuan.

Saya berharap dengan adanya ujian ini para siswa/i bisa menjadi lulusan yang berprestasi dan berkualitas tidak hanya di bidang akademik tetapi juga pada akidah dan akhlak, hafalan Al-Quraan  ini berlaku dari semua tingkatan kelas di MIN 4 Seluma terang Samsuriyadi S.Pd.I. (Eka/Sym)


TERKAIT

Berita LAINNYA