Bimwin KUA Pondok Kelapa: Kiat Membangun Keharmonisan Dalam Rumah Tangga

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Pondok Kelapa

Bengkulu Tengah, (HUMAS) - Membangun rumah tangga seharusnya dilandasi dengan cinta dan kasih sayang, dengan demikian maka akan tercipta keserasian, nuansa yang harmonis dan bahagia, akan tetapi untuk mewujudkan keharmonisan rumah tangga membutuhkan komitmen bersama antara suami dan istri. 

Hal tersebut disampaikan oleh Hery Kusmawan, SHI Penghulu KUA Pondok Kelapa saat menjadi Pemateri III dalam kegiatan Bimbingan Perkawinan (Bimwin) Mandiri kepada Calon Pengantin (Catin), Selasa (24/09).

Kegiatan Bimwin tersebut diselenggarakan oleh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pondok Kelapa Imam Setiawan, M.HI bersama staf, Penghulu dan Penyuluh bekerjasama dengan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB), Puskesmas Srikuncoro, Puskesmas Sidodadi dan Puskesmas Pekik Nyaring.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Pondok Kelapa itu dimulai pukul 08.00 Wib s.d selesai, diikuti oleh Satu pasang calon pengantin yang sudah dijadwalkan pelaksanaan akad nikahnya. Dengan Fasilitator dan Pemateri dari intern KUA untuk materi keagamaan, dari Puskesmas untuk materi menjaga Kesehatan Reproduksi (Kespro) dan dari PLKB untuk  materi Menciptakan Generasi Berkualitas. 

Selanjutnya, dalam paparan materinya menurut Hery diantara kiat untuk mewujudkan keharmonisan dalam rumah tangga yaitu dengan menyadari dan menekankan pentingnya sikap saling menghargai, saling menghormati dan memahami kesetaraan, keadilan antara suami dan istri, dengan demikian maka akan timbul kasih sayang, ketenteraman, keharmonisan dan terhindar dari kekerasan dalam rumah tangga.

Sedangkan menurut Sajuri, S.Pd.I Penyuluh Agama Islam (PAI) KUA Pondok Kelapa selaku Pemateri IV menjelaskan bahwa untuk membangun rumah tangga yang bahagia diperlukan sikap saling mengasihi dan adanya rasa cinta serta saling menerima kekurangan masing-masing. Mudah-mudahan dengan memahami hal itu maka rumah tangga yang didambakan yakni yang sakinah mawaddah warahmah akan tercapai.

Kegiatan Bimwin ini diberikan sebagai bentuk pengantar atau pendampingan kepada calon pengantin sebelum mereka melangsungkan pernikahan. Diharapkan melalui kegiatan Bimwin ini, calon pengantin mendapatkan pemahaman tentang dasar membina rumah tangga yang baik dan bagaimana membangun hubungan yang sehat, bahagia dan berkualitas.


TERKAIT

Berita LAINNYA