Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Sukaraja Memberikan Penyuluhan Tentang Barzanji

Seluma (Humas) - Barzanji merupakan suatu doa-doa ,pujian-pujian dan penceritaan riwayat Nabi Muhammad SAW yang biasa dilantunkan dengan irama atau nada. Tradisi budaya Islam ini dapat dikategorikan sebagai kelompok seni pertunjukan yang terdiri dari vokal, musik, dan tanpa tari atau gerakan badan.

Pada kesempatan  kali  ini   Penyuluh  Agama  Islam KUA Kecamatan  Sukaraja Weni artika memberikan bimbingan penyuluhan tentang barzanji kepada jamaah majlis taklim Annisa Desa Air Petai  pada hari Jumat (16/08).

Isi Berzanji bertutur tentang kehidupan Nabi Muhammad saw yakni silsilah keturunannya, masa kanak-kanak, remaja, dewasa, hingga diangkat menjadi rasul. Didalamnya juga mengisahkan sifat-sifat mulia yang dimiliki Nabi Muhammad serta berbagai peristiwa untuk dijadikan teladan umat manusia,ujarnya.

Weni Artika  mengatakan Historisitas Al-Barzanji tidak dapat dipisahkan dengan momentum besar perihal peringatan maulid Nabi Muhammad saw untuk yang pertama kali. Maulid Nabi atau hari kelahiran Nabi Muhammad saw pada mulanya diperingati untuk membangkitkan semangat umat Islam. Kitab Al-Barzanji ditulis dengan tujuan untuk meningkatkan kecintaan kepada Rasulullah SAW dan meningkatkan gairah umat.  Dalam kitab itu riwayat Nabi saw dilukiskan dengan bahasa yang indah dalam bentuk puisi dan prosa (nasr) dan kasidah yang sangat menarik. (Eka/JA)


TERKAIT

Berita LAINNYA