MTsN 6 Mukomuko Peringati Hari Batik Nasional

Mukomuko—(Humas) Batik adalah hasil karya bangsa Indonesia yang merupakan perpaduan antara seni dan teknologi oleh leluhur bangsa Indonesia.Batik Indonesia dapat berkembang hingga saat ini, pada suatu tingkatan yang tidak ada bandingannya baik dalam desain/motif maupun prosesnya. Keunikan batik sendiri menjadi ciri khas yang membedakan antara kain batik dengan kain-kain pada umumnya.

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang sangat berharga dan sudah menjadi identitas bangsa ini.Batik bermakna perekat bangsa Indonesia sekaligus menjadi simbol persatuan sehingga  tidak akan ada pembagian strata sosial baik kaya maupun miskin.Bahkan batik sudah ditetapkan oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009 sebagai Intangible Cultural Hheritage (ICH) atau Warisan Budaya Tak Benda.

Tanggal 2 Oktober merupakan hari Batik Nasional di Indonesia. Untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap batik dan rasa Nasionalisme, maka dari itu, kepala madrasah melalui Waka kesiswaan Eka Setiawati, S.Pd menghimbau kepada para siswa, dewan guru dan staf tata usaha MTsN 6Mukomuko untuk menggunakan pakaian batik pada tanggal 2 Oktober.Peringatan Hari Batik Nasional di MTsN 6 Mukomuko cukup sederhana yaitu dengan menggunakan pakaian batik yang beraneka ragam.Setidaknya ada 120 jenis batik yang digunakan oleh segenap keluarga besar MTsN 6 Mukomuko. Corak batik yang beraneka ragam, mewarnai cerahnya suasana pagi hari di lapangan MTsN 6 Mukomuko pada Rabu, 2 Oktober 2024.

Menggunakan batik dapat memberikan kesan kebanggan terhadap bangsa Indonesia dan warisan budayanya.Batik merupakan salah satu budaya yang identik dengan Indonesia dan memiliki makna simbolis dalam warna dan desainnya. Dalam menggunakan batik terdapat kesan dan pesan antara lain: kebanggaan, melestarikan budaya, ekspresi kreatifitas dan spiritualitas, ketelatenan dan karya seni. Batik dapat menjadi tujuan wisata nasional ataupun international.

“Dengan keberanekaragaman batik yang ada, mencerminkan semboyan bangsa Indonesia yaitu ’Bhineka Tunggal Ika’ biarpun berbeda-beda tapi tetap satu juga. Begitu juga tema yang diusung oleh keluarga besar MTsN 6 Mukomuko, untuk perayaan batikpada tanggal 2 Oktober 2024. Untuk melestarikan batik, ‘Mari Menggunakan Batik Saat Event Formal maupun Nonformal.’“Selamat Hari Batik Nasional,” ungkap Eka Setiawati.[Wiwik]


TERKAIT

Berita LAINNYA