Dinkes Monitoring Evaluasi Pelayanan Kesehatan Reproduksi Calon Pengantin di Kantor Urusan Agama Kecamatan Air Periukan

Seluma (Humas)--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kab. Seluma mengadakan kegiatan Monitoring Evaluasi Pelayanan Kesehatan Reproduksi Calon Pengantin. Kegiatan tersebut diselenggarakan secara langsung di KUA Kecamatan Air Periukan, selasa, 01/09

Staf KESGa Gizi Asriyani, SST mengatakan, monitoring evaluasi itu dimaksud untuk menghasilkan rencana tindak lanjut kegiatan pelayanan kesehatan reproduksi calon pengantin. Dengan harapan seluruh fasilitas kesehatan dapat memberikan layanan kesehatan reproduksi bagi calon pengantin. 
“Persiapan kesehatan calon pengantin wanita perlu ditingkatkan agar dapat menjalankan kehamilan yang sehat, sehingga mampu melahirkan generasi penerus yang sehat,” tuturnya. 

Lebih lanjut, ujar asriyani, pelayanan kesehatan reproduksi ini juga merupakan salah satu upaya untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). Pasalnya, intervensi tidak hanya dilakukan pada ibu hamil saja, melainkan harus dimulai sebelum kehamilan yaitu pada calon pengantin. 
Menurut Asriyani, intervensi dilakukan melalui pemberian komunikasi, informasi, dan edukasi. Selain itu juga konseling kesehatan reproduksi dan skrining reproduksi bagi calon pengantin oleh tenaga kesehatan. 

“Hal ini didukung oleh KUA kecamatan Air Periukan yaitu  Penghulu Umar Hidayatullah, S.Sos.I dengan adanya kerja sama KUA dan lembaga lain agar dapat  memeriksakan status kesehatan calon pengantin, adapun kegiatan Monev catin adalah kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap data calon pengantin (catin). Tujuannya untuk meningkatkan validitas data catin. Pungkasnya (Naf/Lili)


TERKAIT

Berita LAINNYA