Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Air Periukan Hadiri Pengajian Rutin Majlis Taklim At-Taqwa di Desa Binaan

Seluma (Humas) - Majelis Taklim At-Taqwa yang merupakan binaan Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Air Periukan, Nikma Nur Rohma, S.H.I, gelar kegiatan rutin setiap ba'da Dzuhur (usai sholat Jumat)sampai dengan selesai (ba'da sholat ashar). Kegiatan pengajian ini dilaksanakan sebagai wadah silaturahmi bagi masyarakat, sekaligus sarana pendampingan untuk meningkatkan keimanan, ketaqwaan dan kesadaran beragama dalam aspek wawasan dan pengetahuan dalam Agama Islam kepada lapisan masyarakat di wilayah sekitar Desa Tawang Rejo Kecamatan Air Periukan. (Jum'at, 23/08/2024)

Kegiatan Majelis Taklim aT-taqwa Desa Tawang Rejo diawali dengan acara pembukaan, pembacaan kalam ilahi, pembacaan shalawat Nabi, serta kultum singkat dan diakhiri dengan do'a penutup. Namun kali ini kegiatan yang dilaksanakan adalah bersama-sama membaca Al-Barzanji. 

Al-Barzanji adalah sebuah kitab yang berupa syair atau nadzhom yang berisikan riwayat hidup Nabi Muhammad SAW dan pujian-pujian kepadanya. Terlihat jamaah antusias belajar dan memahami kitab Al-Barzanji sebagai bagian dari pengembangan diri dalam kehidupan spiritual.

Nikma Nur Rohma (selaku Penyuluh Agama Islam), menghimbau kepada jemaah yang hadir dan masyarakat setempat untuk tidak pernah bosan menghadiri majelis ilmu. Menjadi penting hadir dalam kegiatan Majelis, karena dilakukan secara bergilir dari rumah-rumah warga dan anggota Majelis Taklim aT-taqwa lainnya.

"Pengajian ini adalah kegiatan yang sangat berdampak positif untuk mengajak masyarakat memperdalam pemahaman ke-Islaman-nya, sekaligus menjadi sarana untuk bersilaturahmi, maka sangat diharapkan agar kegiatan seperti ini diteruskan dan dilestarikan demi bersama-sama membangun kesholihan sosial," ungkap Nikma.

Ustadz Ahmadi (selaku pembina dalam kegiatan ini) juga menuturkan, bahwa selain kegiatan rutinan membaca Al-berjanzi juga diselingi dengan kultum singkat, seputar persoalan ibadah lainnya, dan juga di akhir kegiatan ini diadakan arisan rutin dipergunakan untuk kegiatan sosial dan lain sebagainya, ungkap Ahmadi.

Selaku Kepala KUA Kecamatan Air Periukan, Harun,S.Ag, MH. mengapresiasi kegiatan bimbingan dan penyuluhan yang dilakukan oleh Nikma Nur Rohma dimana merupakan upaya perkuat identitas masyarakat Muslim yang taat beribadah dan berdo'a, yang biasanya pengajian majelis taklim diisi dengan pembacaan Al-berjanzi, kultum dan lainnya yang berkaitan dengan nilai agama, Tutup Harun.(Eka/Mws)


TERKAIT

Berita LAINNYA