Festival Lomba Qasidah: Kolaborasi Inspiratif KUA dan BKMT Curup Tengah

Rejang Lebong (HUMAS)---- Kantor Urusan Agama (KUA) Curup Tengah bekerja sama dengan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Curup Tengah menggelar Festival Lomba Qasidah pada hari Sabtu 28 September 2024 di Sekretariat BKMT sebelah KUA Curup Tengah. Acara ini diikuti oleh berbagai kelompok Qasidah dari majelis taklim di wilayah Curup Tengah dan sekitarnya.

Kepala KUA Curup Tengah, H. Bulkis, S.Th.I., MHI, dalam sambutannya menyampaikan "tujuan dari diadakannya festival ini adalah untuk melestarikan seni Qasidah sebagai salah satu bentuk dakwah Islami dan memperkuat silaturahmi antar masyarakat," ujar beliau saat membuka acara secara resmi.

Festival ini disambut antusias oleh masyarakat setempat, dengan penampilan dari beberapa kelompok Qasidah yang menunjukkan kreativitas dan kemampuan seni mereka dalam melantunkan syair-syair bernuansa Islami. Selain lomba Qasidah, acara ini juga diisi dengan berbagai kegiatan keagamaan lainnya seperti Lomba Fardlu Kifayah (Mengkafani Jenazah), Lomba MC (Pembawa Acara), dan Lomba Membaca Surat Al-Fatihah.

Ketua BKMT Curup Tengah, Emilia Contesa, S.Pd, mengungkapkan bahwa kegiatan ini diharapkan menjadi ajang untuk memperkokoh ukhuwah Islamiyah sekaligus memotivasi generasi muda agar mencintai seni Islam. “Kami berharap melalui festival ini, tradisi Qasidah dapat terus terjaga dan berkembang di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Para peserta festival berlomba memperebutkan hadiah atau penghargaan, dengan kriteria penilaian meliputi aspek penilaian lomba, misalnya kualitas vokal, kekompakan, dan kreativitas. Dewan juri yang terdiri dari para pakar seni Islam memberikan penilaian secara objektif dan profesional.

Acara ditutup dengan pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah kepada kelompok Qasidah terbaik dan pemenang cabang perlombaan lainnya. Festival ini diakhiri dengan penutupan acara dan doa bersama, serta harapan agar kegiatan semacam ini dapat terus dilaksanakan setiap tahunnya.(maynas)


TERKAIT

Berita LAINNYA