Motivasi dan Kreativitas Belajar Siswa MIN 4 Seluma

Seluma (Humas) - Pembelajaran yang menyenangkan dapat diartikan sebagai pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa, sehingga saat pembelajaran dilaksanakan siswa tidak merasa bosan atau jenuh. Ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh pengajar untuk membuat suasana belajar yang menyenangkan dan penuh motivasi dan inovasi. Hal itu dilakukan oleh guru kelas V MIN 4 Seluma yaitu Umar Hadi, S.Pd.I., Rabu (08/05/24) pada saat mengajar pelajaran Matematika dengan sub pokok bahasan Jaring-jaring Balok dan Kubus.

Guru tersebut ternyata sudah merancang strategi pembelajaran dengan baik, sehingga dapat mengembangkan kreativitas siswa supaya motivasi  pembelajaran tidak terasa membosankan. Guru membentuk kelompok kecil pada siswanya dengan memberikan arahan supaya siswa menyiapkan bahan yang diperlukan.

Kreativitas siswa Kelas V MIN 4 seluma terlihat setelah guru menjelaskan materi dan membimbing siswa dalam belajar. Cara membuat jaring-jaring balok yang dilakukan siswa yaitu menggambar pola pada kertas, kemudian potong kertas mengikuti ruas garis yang terlihat dan siswa melipat jaring tersebut berdasarkan garisnya, dan setelah siswa yakin bahwa itu benar jaring balok akhirnya mereka memberi perekat sampai menjadi bangun balok. Dan bagi siswa pun melanjutkan membuat jaring-jaring kubus dengan cara membelah kubus-kubus menggunakan gunting berdasarkan rusuk-rusuk tertentu sehingga menyisakan satu rusuk yang merangkaikan antara dua persegi.

Kreativitas siswa ini menunjukkan suatu kemampuan untuk membuat sesuatu yang baru atau mengembangkan hal yang sudah ada untuk memberikan sejumlah pengetahuan dalam proses pembelajaran. Ada kelompok siswa membuat jaring-jaring tersebut menggunakan kertas buku biasa, karton warna, dan memakai kertas tiga dimensi. Pada akhir pembelajaran, siswa memberikan kesan bahwa pembelajaran pada hari itu sangat menyenangkan dan tidak membosankan. Guru pun juga ikut senang dan memberikan nilai keterampilan dengan baik.(Naf/Umh)


TERKAIT

Berita LAINNYA