MIN 1 Rejang Lebong Hidupkan Tradisi Budaya Melalui Senam Rejang Lebong Bercahaya

Rejang Lebong (Humas) - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Rejang Lebong terus memperkaya pengalaman pendidikan siswanya dengan melestarikan nilai budaya melalui kegiatan senam Rejang Lebong Bercahaya. Pada Jumat (03/05), kegiatan senam Rejang Lebong Bercahaya menjadi salah satu materi ujian praktik kelas 6 yang dilaksanakan di halaman madrasah.

Sebanyak 64 siswa kelas 6 MIN 1 Rejang Lebong aktif berpartisipasi dalam ujian praktik tersebut. Andre Delivio, S.Pd, selaku tim penilai ujian praktik dan guru PJOK, menjelaskan bahwa senam Rejang Lebong Bercahaya menjadi salah satu materi yang wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas 6. Lebih lanjut, Andre Delivio mengungkapkan bahwa tujuan pemilihan senam Rejang Lebong Bercahaya adalah sebagai upaya pelestarian nilai budaya melalui gerakan dan lirik yang terkandung dalam senam tersebut.

Zea Elzandri, salah satu siswi kelas 6, menyatakan kebahagiaannya dan semangatnya dalam mengikuti ujian praktik Senam Rejang Lebong Bercahaya. Ujian praktik ini dilaksanakan dalam kelompok-kelompok beranggotakan lima orang setiap kelompoknya.

Senam Rejang Lebong Bercahaya sendiri merupakan salah satu senam yang berasal dari Kabupaten Rejang Lebong, yang diresmikan pada HUT Kota Curup ke-142 tahun 2022. Senam ini telah menjadi kegiatan rutin di sekolah/madrasah dan kantor yang berada di Kabupaten Rejang Lebong sebagai bagian dari upaya memperkuat dan memperkenalkan warisan budaya daerah.


TERKAIT

Berita LAINNYA