Hari Pertama Pelaksanaan AKMI MIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu Berjalan Lancar

Rejang Lebong (Humas)---Sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan mengukur kompetensi peserta didik di Madrasah dalam literasi membaca, numerasi, sains serta literasi sosial budaya, MIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu melaksanakan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) tahun 2024. Hasil dari asesmen ini nantinya dapat digunakan oleh guru ataupun madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan peserta didik sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran.

Berdasarkan jadwal yang ditentukan oleh KEMENAG (Kementerian Agama) provinsi Bengkulu, pelaksanaan AKMI tahun 2024 dilaksanakan dari tanggal 19 sampai dengan 31 Agustus. Khususnya di MIS Muhammadiyah 14 Talang Ulu, pelaksanaan AKMI berlangsung pada hari Senin 19 Oktober dan Selasa 20 Oktober. Di hari pertama fokus pada literasi membaca dan numerasi, sedangkan di hari kedua mencakup materi sains, sosial budaya dan profil keunggulan.

Di hari pertama ini, Sebayak 37 orang peserta didik kelas 5 (lima) dijadwalkan melaksanakan kegiatan AKMI yang dibagi menjadi 2 sesi. Sesi 1 diikuti oleh 19 orang peserta didik, dan sesi 2 diikuti oleh 18 orang peserta didik. Kris Ade Putra, S.Pd.I.Gr, selaku kepala madrasah membuka kegiatan AKMI dengan memberikan arahan serta himbauan kepada peserta didik supaya mengerjakan soal-soal asesmen kompetensi madrasah Indonesia tersebut dengan teliti, tenang dan tidak terburu-buru.

Dalam pelaksanaan AKMI peserta didik didampingi oleh 1 orang proktor yaitu Kiki Pustika Sari, SE, dan 2 orang pengawas yaitu Liza Ernawati, S.Pd dan Nadia Berta, S.Pd. Di hari pertama pelaksanaan AKMI Kiki Pustika Sari selaku proktor  merasa lega, Karena kegiatan berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti.

“Alhamdulillah, pelaksanaan di hari pertama ini berlangsung lancar dan kondusif. Peserta didik mengikuti dengan tenang dan rileks, terlebih pembaruan aplikasinya di tahun ini juga lebih baik sehingga lebih sederhana untuk dioperasikan oleh peserta didik. Semoga pada materi sains, sosial budaya, dan profil keunggulan pada hari kedua juga berjalan dengan lancar seperti halnya hari ini”, Ujar Kiki.(liza)


TERKAIT

Berita LAINNYA