Demi Meningkatkan Kualitas SDM yang Kompeten dan Profesional, Pendamping Proses Produk Halal KUA Kecamatan Seluma Selatan Terus Berproses

Seluma (Humas) – KUA Kecamatan Seluma Selatan menerima tamu Pendamping Proses Produk Halal dari KUA Kecamatan Seluma Utara, Mardatella selaku Penyuluh Agama Islam di KUA Kecamatan Seluma Utara untuk belajar dan menambah pengetahuan dalam proses pendampingan pada Senin (6/5).

Demi kelancaran dan profesional kerja selaku Pendamping P3H harus meningkatkan kemampuan pelayanan dan pendampingan, terutama terhadap pelaku usaha yang akan didamping dalam membuat sertifikat produk halal.

Dihimpun dari pertemuan tersebut, pendamping P3H KUA Kecamatan Seluma Selatan Miniharyanti dan Riska Yulia Antika saat ditemui mengatakan, bahwasannya pengurusan sertifikat halal ini terlihatnya sangat mudah, namun ada beberapa hal yang terkadang menjadi kendala dalam proses tersebut. Contohnya saja pelaku usaha yang tidak memiliki handphone berbasis android, sedangkan dalam proses produk halal ini membutuhkan verifikasi data dengan menggunakan whatshapp ataupun email. Dan bukan kendala itu saja namun banyak kendala lainnya yang ditemui dilapangan.

Sertifikat halal ini bukan hanya sebatas tanda pengakuan formal, tetapi juga sebagai bukti nyata bahwa pelaku usaha serius dalam menjaga kepercayaan masyarakat terhadap produknya. Pelaku usaha harus berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan keamanan produk halalnya, tutur Riska.

Kembali diingatkan bahwasannya masa penahapan pertama kewajiban sertifikat halal akan berakhir 17 Oktober 2024. Berdasarkan Undang-undang No. 33 tahun 2014 beserta turunannya, ada tiga kelompok produk yang harus sudah bersertifikat halal seiring dengan berakhirnya penahapan pertama tersebut.

Pertama, produk makanan dan minuman. Kedua, bahan baku, bahan tambahan pangan, dan bahan penolong untuk produk makanan dan minuman. Ketiga, produk hasil sembelihan dan jasa penyembelihan.

Demi mewujudkan pengurusan Sertifikasi Halal bagi produk makanan dan minum olahan lebih mudah dan sederhana kami sesama pendamping P3H saling belajar satu sama lain untuk menjadi pendamping P3H yang kompeten dan Profesional, tutur Mini. (Eka/Yul)


TERKAIT

Berita LAINNYA