12 Pasang Catin di KUA Air Periukan Siap Aqad Nikah Setelah Lebaran

Seluma (Humas)- KUA Kecamatan Air Periukan akan melaksanakan peliputan nikah 12 pasangan calon pengantin yang berasal di wilayah Kecamatan Air Periukan, diantaranya adalah berasal dari Desa Pasar Ngalam (3 orang catin), Sukasari (2 catin), Talang Benuang (3 catin), Sukamaju (1 catin), Lawang Agung (1 catin), Tawang Rejo (1 catin), dan Lokasi Baru (1 catin).

Lebaran Ketupat atau Riyoyo Kupat adalah sebuah tradisi peringatan hari raya Idul Fitri di Indonesia, khususnya oleh masyarakat Jawa. Lebaran Ketupat biasanya dilakanakan pada hari kedelapan hari raya Idul Fitri, yang artinya pada 8 Syawal dengan ditandai memakan Ketupat.

Maka, kearifan lokal ini pun nampak begitu terasa di wilayah KUA Kec. Air Periukan. Pasalnya secara periodik, hari ini sudah masuk tanggal 7 Syawal Hijriyah, serta tepat tanggal 15 April dalam kalender Masehi. 

Sebagaimana penuturan staff JPU KUA Kecamatan Air Periukan, Teten Erwamati, bahwa pelaksanaan aqad nikah 12 catin ini akan mulai dilaksanakan mulai tanggal 20 bulan ini, atau 11 Syawal. Lebih tepatnya, pasca Lebaran Ketupat. Nampak dalam foto, staff JPU tengah mempersiapkan buku nikah untuk 12 catin tersebut pada Selasa (16/4). (Eka/MWS)


TERKAIT

Berita LAINNYA