Pemeriksaan Penyakit Fambisa dan Skrining Kesehatan Anak Usia 10-13 Tahun Di MIN 4 Seluma

Seluma (Humas)-Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh merupakan hal yang sangat penting. Hal ini karena dengan memiliki tubuh yang sehat dan bugar dapat mencegah tubuh terserang penyakit sehingga kita dapat tetap menjalankan aktifitas sehari-hari. Untuk itulah pada rabu 12 Juni 2024 tim kesehatan dari Puskesmas Seluma Timur mengadakan Pemeriksaan Penyakit Fambisa dan Skrining Kesehatan Anak Usia 10-13 Tahun di MIN 4 Seluma terutama pada anak kelas IV dan V yang terdiri lokal A dan B. Tim kesehatan tersebut yang bertugas adalah Leni Sunarti, Vera, Rita Hayati, Niken, dan lain-lain. Mereka disambut oleh guru dan kepala MIN 4 Seluma dengan baik dan mengizinkan tim kesehatan untuk masuk ruangan kelas dengan tujuan melakukan pemeriksaan kesehatan pada siswa.

Kepala MIN 4 Seluma (Samsuriyadi,S.Pd.I) juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Puskesmas Seluma Timur dengan adanya MOU antara Puskesmas dengan Pihak Madrasaha sehingga anak-anak disekolah selalu terpantau kesehatannya oleh pihak Puskesmas,semoga kerja sama ini akan tetap berlanjut.

Menurut Vera sebagai tim kesehatan menerangkan bahwa FAM (Fibroadenoma mammae) adalah salah satu jenis tumor jinak yang bisa muncul di bagian dada anak perempuan. Tumor ini berasal dari pertumbuhan berlebih jaringan ikat di dada, yang diduga dipengaruhi kuat oleh masalah hormonal. Seringnya diagnosis FAM bisa ditegakkan dengan mudah cukup lewat wawancara dan pemeriksaan fisik biasa. Namun, guna menyingkirkan kemungkinan kondisi medis lain yang gejalanya bisa serupa. Sedangkan pemeriksaan Skrining Kesehatan Anak Usia 10-13 Tahun di MIN 4 Seluma yang di periksa adalah berat badan dan tinggi badan siswa kelas 4 dan 5.

Tim kesehatan bersama kepala MIN 4 Seluma menetapkan berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut bahwa siswa MIN 4 Seluma tidak terjangkit dalam penyakit FAM (Fibroadenoma mammae). Sedangkan skrining kesehatan siswa dinyatakan baik dan normal. (Eka/Sym)


TERKAIT

Berita LAINNYA