Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Kaur: Pesan Damai Rasulullah Perkuat Karakter Nusantara Baru Indonesia Maju

Kaur (Humas) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kaur menggelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H/ 2024 M. Bertempat di Aula PLHUT Kantor Kemenag Kabupaten Kaur. Kamis (19/09/2024).

Acara ini dihadiri oleh Ka Subbag TU, Kasi, Penyelenggara, Kepala Madrasah Se- Kabupaten Kaur, Kepala KUA Se- Kabupaten Kaur, Guru, Penyuluh Agama Islam, serta ASN dan PPNPN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten,

Peringatan Maulid Nabi kali ini mengusung tema "Pesan Damai Rasulullah Menguatkan Karakter Nusantara Baru, Indonesia Maju", sebuah tema yang dinilai sangat relevan dengan tantangan bangsa saat ini. Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabuapten Kaur, Drs. H. Muhamad Soleh M.Pd., menekankan bahwa Peringatan Maulid Nabi bukan hanya sekadar mengenang kelahiran Rasulullah SAW, tetapi juga sebagai momentum untuk merenungkan serta mengambil pelajaran dari kehidupan dan ajaran mulia beliau.

"Rasulullah SAW sepanjang hidupnya selalu menyerukan perdamaian, kasih sayang, keadilan, dan toleransi," ujar M. soleh

Muhamad Soleh dalam sambutannya Juga Memberikan Pembinaan Untuk semua Pegawai ASN beliau mengatakan agar memahami tugas dan fungsi pokok dan tidak bisa dianggap sampingan karena setiap apa yang kita jabat nantinya akan dipertanggungjawabkan di kemudian nanti. Beliau memberikan penjelasan bagaimana cara kita mencintai Rasulullah agar mendapatkan syafaat beliau di yaumil akhir. 

"Apapun yang kita dapatkan di dunia semata-mata hanya titipan saja, maka sebagai umatnya sering -seringlah kita melatih lidah dan lisan kita agar selalu bersholawat kepada Baginda Rasullullah," tegasnya.

Pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW bisa menjadi momentum untuk meneladani dalam segala sikap dan tindakan Nabi Muhammad untuk diterapkan di tengah-tengah masyarakat.

"Maka kehadiran kita di tengah-tengah masyarakat diharapkan dapat memberi solusi, kalaupun tidak dapat memberi solusi di tengah masyarakat setidak-tidaknya jangan jadi bagian masalah di tengan-tengah masyarakat," ujar M. Soleh.

Acara ini juga diisi dengan tausiyah oleh Al Ustadz Darwanto. Dalam ceramahnya, Ustadz Darwanto menekankan pentingnya meneladani Rasulullah sebagai sosok yang membawa pesan damai dan kasih sayang bagi seluruh umat manusia.

"Ajaran Nabi Muhammad SAW adalah ajaran keseimbangan, moderasi, dan kemaslahatan. Sebagai umatnya, kita harus mampu mempraktikkan ajaran itu dalam kehidupan sehari-hari," ungkap Darwanto.

Peringatan Maulid Nabi ini berlangsung dengan khidmat, juga dimeriahkan dengan penampilan Hadroh dari Siswa/i MAN Kaur dan ditutup dengan doa bersama, yang diharapkan dapat memperkuat komitmen umat Islam di Kabupaten untuk meneladani sifat-sifat Rasulullah.

Acara ini menjadi momen untuk menguatkan komitmen bersama dalam meneladani sifat-sifat Rasulullah, memperkuat persatuan di tengah keberagaman, dan membangun Nusantara baru yang berdaya saing serta tetap menjunjung nilai-nilai luhur bangsa. Diakhir Acara Panitia Acara Maulid Nabi Muhammad SAW di lingkungan Kantor Kementerian Agama juga menyiapkan Nasi Tumpeng yang makan bersama – sama. (Puja)


TERKAIT

Berita LAINNYA