Survei BPS Sebut Kepuasan Jemaah Haji Meningkat, Kakan Kemenag : "Alhamdulilah"

Survei BPS Sebut Kepuasan Jemaah Haji Meningkat, Kakan Kemenag : "Alhamdulilah"

Kota Bengkulu (Humas) - Berbagai penilaian positif tentang kesuksesan penyelenggaraan haji tahun 2024 mulai dari masyarakat hingga penyelenggara negara terus bermunculan. Terbaru, hasil survey Badan Pusat Statistik (BPS) merilis indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (KJHI) terhadap pelayanan haji mulai dari keberangkatan hingga selesai pelaksanaan haji di tahun 2024/1435 H.

Hasil survey BPS menunjukkan kepuasan Jemaah haji sangat tinggi. Angkanya mencapai 88,20 poin dengan kayegori sangat memuaskan.

Kepala Subdirektorat data BPS, Joko Parmiyanto, menjelaskan tingkat kepuasaan jemaah haji meningkat dari tahun lalu. "Tahun lalu 85,83 poin dan tahun ini naik 2,37 poin" jelas Joko.

Joko menyampaikan survei melibatkan 14.000 jemaah haji yang berada di arab saudi sebagai sampling.

Dari hasil survei didapatkan kepuasaan jemaah haji terhadap layanan bus sholawat paling tinggi dari yang lain yaitu mencapai 91,61 poin. Selain itu banyak lagi layanan haji yang mendapatkan apresiasi positif dari jemaah haji. Salah satunya kesigapan para petugas haji ketika ada jemaah haji yang tersesat.

Salah satu Jemaah Haji asal Kota Bengkulu, Mahasurman, mengungkapkan pengalamannya ketika melaksanakan ibadah haji tahun 2024.

"Petugas haji Indonesia terutama provinsi Bengkulu sangat sigap dan responsif terhadap kebutuhan jemaah. Bukan hanya kebutuhan makan saja, namun juga pemeriksaan kesehatan juga selalu diperhatikan dan dipantau setiap saat" Ungkap Mahasurman

Menanggapi meningkatnya kepuasaan jemaah haji, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bengkulu, Dr.H. Sipuan, S.Ag.,MM, menyampaikan rasa syukurnya terhadap hasil survey yang dirilis BPS tersebut.

"Alhamdulillah, Tingkat Kepuasaan Jemaah haji meningkat di tahun ini. Tentunya ini adalah hasil dari kinerja bagus dari berbagai pihak yang membantu kesuksesan peneyelenggaraan haji tahun 2024" Pungkas Kepala Kantor. (HumasKota)


TERKAIT

Berita LAINNYA