Dukung Percepatan Penurunan Stunting", Kepala KUA Pondok Kelapa Menjadi Pemateri Rembuk Stunting Desa Talang Pauh

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pondok Kelapa Imam Setiawan, MHI menjadi Pemateri pada acara Rembuk Stunting Tingkat Desa Talang Pauh

Bengkulu Tengah, (HUMAS) - Dukung program pemerintah sesuai Peraturan Presiden (Perpres) nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting khususnya di wilayah Kecamatan Pondok Kelapa, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pondok Kelapa Imam Setiawan, MHI menjadi Pemateri pada acara Rembuk Stunting Tingkat Desa Talang Pauh, Kamis (15/08).

Acara tersebut bertempat di Balai Desa Talang Pauh Kecamatan Pondok Kelapa. Turut hadir Camat Pondok Kelapa, Kepala KUA Pondok Kelapa, Kepala Puskesmas, Kepala Desa Talang Pauh, Ketua BPD dan PLKB serta dihadiri kurang lebih 25 orang terdiri dari perangkat desa, TPK (Tim Pendamping Keluarga), kader kesehatan dan tamu undangan.

Adapun maksud dan tujuan kegiatan Rembuk Stunting ini dalam rangka menyampaikan hasil analisis situasi dan rencana kegiatan yang akan dilakukan untuk mencegah stunting. Selain itu, rembuk stunting juga bertujuan untuk membangun komitmen bersama dalam upaya pencegahan dan penurunan stunting khususnya di Desa Talang Pauh.

Imam Setiawan, MHI dalam paparan materinya mengatakan bahwa peran KUA dalam program percepatan penurunan angka stunting di Kecamatan Pondok Kelapa yakni diantaranya dengan melaksanakan bimbingan perkawinan (Bimwin) kepada calon pengantin (catin) yang dilaksanakan rutin setiap minggu.

Di dalam kegiatan bimwin itu memuat materi Fiqih Munakahat, Fiqih Keluarga, Keluarga Sakinah, Pendidikan dan Penanganan Konflik dalam keluarga, Teknis Pelaksanaan Akad Nikah,  dan Menyiapkan Keluarga Berkualitas, manajemen keuangan keluarga, Kesehatan Reproduksi (Kespro) dan pencegahan stunting.

"Mudah-mudahan dengan mengikuti kegiatan bimwin dan catin mendapatkan materi tentang membina rumah tangga yang baik, dapat membantu program pemerintah dalam upaya percepatan penurunan stunting, khususnya di wilayah kecamatan pondok kelapa" ungkap Imam.

Pada kesempatan tersebut Kepala Desa Talang Pauh Idil Fitri, S.Ag mengajak kepada seluruh elemen yang terlibat dalam kegiatan tersebut untuk bersama-sama berupaya dan bersinergi guna mendukung pelaksanaan percepatan penurunan stunting yang menjadi prioritas pemerintah ini. Dengan harapan stunting dapat dicegah, ditangani dan diatasi dengan baik khususnya di Desa Talang Pauh.


TERKAIT

Berita LAINNYA