MIN 4 Seluma Adakan Lomba Kebersihan dan Kerapian Kelas Sebagai Bentuk Siswa Kreatif dan Peduli Lingkungan

Seluma (Humas) - MIN 4 Seluma mengadakan lomba kebersihan dan kerapian kelas setelah meriahkan hari kemerdekaan degan memperlombakan permainan tradisional pada Jumat (16/7). Kebersihan merupakan sebagian dari iman, kata-kata ini sudah melekat pada keluarga besar MIN 4 Seluma sebagaimana yang di lakukan oleh siswa-siswi yang selalu menjaga dan merawat kebersihan lingkungan terutama ruang kelas dan sekitar kelasnya.

Kegiatan ini benar benar di rasakan manfaatnya baik bagi siswa maupun bagi guru karena dengan ruangan yang bersih suasana belajar mengajar yang tenang, nyaman dan segar akan tercipta kemudahan murid dalam menerima pelajaran dari guru. Kebersihan di Sekolah adalah tanggung jawab warga Sekolah yang bersangkutan, tinggal bagaimana mereka memanejemenkan penjagaan kebersihan di sekolahnya kita mendidik anak-anak untuk sama-sama menjaga kebersihan sekolah, maka kita telah melakukan pembiasaan dan menanamkan sikap cinta kebersihan, anak-anak kita latih untuk menjadi peka dan peduli dengan kebersihan lingkungan.

Menjaga kebersihan Lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan cara membuang sampah yang ada di lingkungan sekolah kita ke tempat sampah, melaksanakan kegiatan lomba kebersihan kelas ini dapat memberikan semangat, rasa cinta untuk menjaga dan peduli terhadap lingkungan sekitar.

Khaton Bagus Pambudi S.Pd. sebagai guru PJOK dan sekaligus panitia lomba kebersihan mengatakan bahwa siswa dilatih untuk disiplin menjaga lingkungan, dan dibiasakan hingga dewasa mendatang, supaya terbiasa memelihara lingkungan sekitar dan tidak melakukan kegiatan negatif.  Seperti membuang sampah sembarangan. Kegiatan ini juga melatih karakter siswa.

Wakil kepala madrasah menunjuk Isnaini, S.Ag dan Khaton Bagus pambudi, S.Pd sebagai guru bidang studi  sekaligus juri yang harus bersikap netral dan tidak memihak kelas manapun dalam penilaian. Ibu Isnaini menuturkan bahwa yang dinilai dalam perlombaan ini adalah kebersihan, kerapian, dan kreativitas. Peserta dari perlombaan ini yaitu dari kelas 3 sampai 6 yang terdiri dari 8 ruangan kelas A dan B.

Hasil penilaian yang dilakukan juri menemukan 3 kelas sebagai pemenang yaitu Juara 1 kelas 5B sebagai wali kelasnya Umar Hadi, S.Pd.I dengan total nilai 535, juara 2 kelas 6B sebagai wali kelasnya Gina Sasmita, M.Pd dengan total nilai 481 dan juara 3 adalah kelas 4B sebagai wali kelasnya Wiyana Nadia Liza, S.Pd dengan total nilai 480.

Kepala Madrasah Samsuriyadi, S.Pd.I mengatakan sangat mensuport setiap kegiatan yang positif apalagi lomba kebersihan dan kerapian kelas sangat difasilitasi baik dari bahan pembuatan hiasan kelas seperti kertas warna, benang, lem, dan sebagainya. Hal ini sangat baik untuk menumbuhkan lingkungan yang bersih, menciptakan kreativitas anak-anak MIN 4 Seluma, dan yang sangat penting bahwa kebersihan adalah cerminan iman seseorang. Dengan menjaga lingkungan, diharapkan sekolah menjadi ruang yang nyaman bagi siswa untuk mengikuti kegiatan belajar, dan tempat bermain ketika jam istirahat. (Eka/Ton)


TERKAIT

Berita LAINNYA