Mengajar TPQ, Bukti Kontribusi Mahasiswa KKN UIN FAS Bengkulu Terhadap Pendidikan Agama Islam DI TPQ Nurussalam Desa Padang Pelawi

Seluma (Humas) - Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) menjadi salah satu tempat atau sarana untuk menanamkan pendidikan agama islam bagi anak-anak TK/SD atau anak usia 4-12 tahun. TPQ mendidik santri agar mampu membaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwid. 

Para mahasiswa KKN UIN FAS Bengkulu mendukung  program Bupati Seluma Alap dan Religius dengan melakukan pengabdian mengajar anak- anak di TPQ Nurussalam yang bertempat di Desa Padang Pelawi Kecamatan Sukaraja . Kegiatan pengabdian tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk pelaksanan program kerja utama dalam tugas mereka. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan materi  tambahan dan  membantu  tugas Penyuluh Agama Islam kecamatan Sukaraja Prihartini  dalam mengajar  anak-anak Tpq Nurussalam. Pada pengabdian ini, mahasiswa KKN UIN FAS Bengkulu mencoba untuk memberikan penyegaran materi dengan menggunakan metode yang berbeda. Tujuannya tetap sama yaitu untuk memudahkan belajar membaca dan menulis Al-quran.

 Kepala KUA Kecamatan Sukaraja H. D. Hamdan Fauzi ,S.Sos.I menyatakan TPQ  Nurussalam  mempunyai peran yang sangat penting dalam membetuk karakter anak serta menciptakan generasi qur'ani di  Desa Padang Pelawi,  Hingga saat ini TPQ Nurussalam mempunyai kurang lebih 40 santri yang terdiri dari anak usia TK hingga SD Kegiatan pembelajaran di TPQ Nurussalam dilakukan setiap hari Senin-Kamis  mulai dari pukul 15.30 hingga pukul 17.00 WIB. Kegiatan tersebut meliputi bimbingan baca Al-qur'an menggunakan metode tilawati. Selain belajar alquran, santri tpq juga dibekali dengan ilmu fiqih,  doa pendek, tauhid, akidah, sholawat, kaligrafi, praktik sholat, dll

Rutinitas belajar mengajar di TPQ Nurussalam ini setiap hari Senin sampai Kamis,yang kebetulan pada saat ini anak-anak TPQ Nurussalam sedang menjalani ulangan semester dua,tepatnya kemaren Kamis ,27/06 anak-anak telah menyelesaikan ulangan semesternya dengan lancar, berkat bantuan dari mahasiswa KKN UIN FAS Bengkulu yang mengawasi anak-anak dalam mengerjakan ulangannya dengan tenang dan tertib,sehingga ulangan tersebut selesai tepat waktu, Tambah Hamdan. (Naf/JA)


TERKAIT

Berita LAINNYA