Kunjungan Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma Ke KUA Seluma Utara

Seluma (Humas), Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma melaksanakan kegiatan Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dan salah satu sasaranya yaitu KUA karena antara KUA dan Dinas Kesehatan ada Memorandum of Understanding (MoU) lintas sektor komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) kesehatan produksi (Kespro) calon pengantin (Catin).

Kegiatan itu dilaksanakan dengan datang langsung ke KUA kecamatan Seluma Utara , Rabu (28/8). Dalam kunjungannya membahas tentang tindak lanjut MOU antara KUA dengan Puskesmas Seluma Utara.
KUA yang diwakili Syukri Sutami Harahap SHI menyampaikan sekarang ini sedang gencarnya melaksanakan sosialisasi ke remaja khususnya disekolah SLTP tentang usia berapa pernikahan sudah tercatat, kemudian dampak dari pernikahan tidak tercatat, dan pernikahan dibawah umur  akibat zina dilihat dari kaca mata Islam.
Pada setiap calon pengantin juga kita aktif melaksanakan  bimbingan calon pengantin ( Binwin) 
Dalam binwin kita sampaikan bagaimana membentuk keluarga sakinah mawadah warahmah salah satunya tentang tanggung jawab orang tua terhadap anak dan keturunannya tentang kecukupan pangan, agar anak tercukupi gizinya, karena salah satu faktor pentingnya dalam membentuk keluarga sakinah yaitu faktor ekonomi.
Pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Cici Harika Sst, mengatakan, kegiatan ini adalah inovasi percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi yang dicegah mulai dari para calon pengantin, karena beberapa program dalam kegiatan Dinas Kesehatan dapat dilaksanakan dan dipadukan dengan program yang ada di KUA. (Eka/Mrd)


TERKAIT

Berita LAINNYA