PAI KUA Sukaraja Memaparkan Materi Tentang Pubertas Atau Masa Akil Baligh Dalam Perspektif Islam

Seluma (Humas) - Pubertas atau akil balig adalah proses perubahan fisik dan akal seseorang saat berubah menjadi tubuh dewasa (masa beranjak dewasa) yang mampu melakukan reproduksi seksual.Dalam syariat Islam, pubertas adalah sampainya usia seseorang pada tahap pembebanan hukum-hukum syariat. Baik itu dengan munculnya salah satu tanda atau sampainya seseorang pada usia tertentu,ujar Badoar Batu Bara Penyuluh agama Islam Kecamatan Sukaraja mengisi materi pengajian di majlis  Desa Kuti Agung,Jum’at (27/09).

Badoar mengatakan setiap muslim pasti akan berada dan melalui masa baligh atau akil baligh. Baligh ini merupakan fase di saat tubuh berkembang dari anak-anak menjadi remaja atau dalam istilah umumnya adalah masa pubertas. Masa pubertas ini, dalam dunia sains, merupakan masa seseorang mengalami beberapa perubahan pada tubuhnya, entah fisik ataupun psikis. Sedangkan di dalam islam, seseorang yang sudah mengalami baligh, di dalam ilmu fiqih artinya, orang tersebut telah dibebani beberapa hukum syara’,seperti:

1. Wajib Melakukan Hukum Syariat

Seorang muslim yang telah baligh wajib melaksanakan hukum syariat islam yakni, melakukan perkara-perkara yang diperintahkan oleh Allah, dan menjauhi perkara yang dilarang oleh Allah.

2. Wajib Salat 5 Waktu

Salat 5 waktu memang sejatinya sudah harus diajarkan sejak dini. Tapi, Anda tentu tahu, bahwa, pada tahap anak-anak, mereka sering kali melewatkan salat. Maka dari itu, jika Anda atau anak Anda sudah baligh, salat 5 waktu wajib hukumnya. Jika salat 5 waktu ini terlewat, maka dosa besar yang akan didapat.

3. Melaksanakan Puasa Ramadan

4. Zakat dan Haji

5. Menutup Aurat

Menutup aurat merupakan salah satu upaya untuk menjauhkan diri dari hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk wanita, aurat yang harus ditutup adalah seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan. Untuk laki-laki, mulai dari pusar hingga mata kaki.

Demikian 5 Hal yang harus diketahui oleh umat Islam sesudah baligh. Semoga bermanfaat,tutup Badoar. (Eka/JA)


TERKAIT

Berita LAINNYA